SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Bus menjadi salah satu moda transportasi darat, yang masih banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, jika perusahaan otobus menjamur di Tanah Air.

Rute yang dilayani mulai dari dalam kota dalam satu provinsi, hingga antar kota antar provinsi atau AKAP. Untuk perjalanan menggunakan bus AKAP, konsumen biasanya membeli tiket di terminal maupun agen Perusahaan Otobus (PO), sesuai tujuannya.

Kini, cara konvensional tersebut digantikan oleh aplikasi digital bernama RedBus. Dengan aplikasi ini, bukan hanya bisa melakukan pemesanan tiket, namun juga pemilihan tempat duduk untuk perjalanan ke berbagai kota di Indonesia.

“Aplikasi ini membantu konsumen untuk memesan tempat duduk favorit mereka pada waktu perjalanan yang mereka inginkan, tanpa harus mengalami kesulitan dengan berdiri dalam antrean panjang di depan loket,” ujar Chief Executive Officer RedBus, Prakash Sangam di Jakarta, Senin 3 Desember 2018.

Beberapa perusahaan dan operator bus yang populer, seperti Sinar Jaya, Pahala Kencana, Lintas, Xtrans, Nusantara, Sumber Alam, sudah menjadi mitra aplikasi ini.

Saat ini, aplikasi pemesanan tiket tersebut baru melayani sebagian besar permintaan bus dan shuttle bus yang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Jumlah operator bus dan shuttle yang terdapat pada platform tersebut, akan ditingkatkan menjadi lebih dari 200 PO hingga akhir 2019. Sehingga, target lebih dari 200 ribu kursi antar kota antar provinsi dan shuttle bus ke berbagai penjuru Indonesia bisa tercapai.