Cawapres Sandiaga S Uno saat disambut para emak-emak dan simpatisannya saat meresmikan Roemahdjoeang di Jalan Basuki Rahmad Lamongan. FOTO: SP/ MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Kedatangan calon wakil presiden Sandiaga Sholahuddin Uno untuk kampanye di Lamongan benar-benar dimanfaatkan oleh para simpatisan, khususnya para emak-emak untuk mengeluk-elukan cawapres no urut 02 tersebut dan berselfi sembari beryanyi.

Kondisi itu terekam saat calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto ini datang ke Posko Roemahdjoeang di Jalan Basuki Rahmad Lamongan, Selasa pagi (4/12/2018).

Saat rombongan sampai di depan Roemahdjoeang cawapres yang berpenampilan milenial ini langsung diserbu ibu-ibu, dan simpatisan lainya.

Mereka bernyanyi secara serentak, "Bang Sandi Siapa Yang Punya, Yang Punya Emak-emak", begitu syair nyanyian emak-emak menyambut kedatangan Sandiaga S Uno di Posko Roemahdjoeang, yang menempati rumah milik Okta Rosadinata itu.

Saat di Roemahdjoeang itu Bang Sandi panggilan akrabnya berdialoq dengan emak-emak dan juga simpatisan, dalam dialoq itu Sandi dicurhati soal kebutuhan hidup yang cenderung naik terus, mulai tarif dasar listrik, harga BBM, gas elpiji, sembako, biaya transportasi, biaya pendidikan dll.

Saat mendengarkan keluhan itu, Sandi mengaku kalau diberikan amanah akan terus berupaya menstabilkan biaya kebutuhan hidup untuk rakyat, dan memberikan kesempatan seluas-luasnya membuka lapangan pekerjaan, memberikan ketrampilan para emak-emak agar bisa mandiri dengan menciptakan UMKM.

"Kalau saya ditakdirkan menjadi wakil presiden, tentu hak dasar masyarakat terkait biaya hidup kita sesuaikan dengan kemampuan pendapatan masyarakat, tidak seperti saat ini semua terkait kebutuhan rakyat naik semua kasihan masyarakat, karena pendapatan mereka tetap," ujarnya.

Karena itu lanjutnya, semua itu bisa terealisasikan kalau di Indonesia hadir pemerintah baru untuk Indonesia yang berkemajuan."Kita hadirkan pemerintah baru untuk Indonesia yang berkemajuan," katanya.

Usai dialog dengan emak-emak dan simpatisan, mantan wakil Gubernur DKI ini menyempatkan sarapan pagi dengan nasi boranan asli Lamongan. Saat menikmati nasi boranan khas Lamongan itu, Sandi sesekali melontarkan senyum kepada simpatisannya.

Bahkan Sandi bilang "Nasi Boranan khas Lamongan ini enak"."Enak nasi boranan ini, ini nasi boranan hanya ada di Lamongan ya tidak ada di daerah lain," tanya Sandi meski awalnya keliru yebut Boranan menjadi baronan.

Setelah menyapa emak-emak, dan dialog serta meresmikan Roemahdjoeang, Sandi melanjutkan kampanye nya di Lamongan yang berlokasi di Wisata Gondang Sugio, dilanjut Pertemuan & Dialog dengan Petani Besur Kec.Sekaran.

Usai bertemu petani, makan siang & sowan ke Maskun (Tokoh Masyarakat) di Desa Ngayung, Kec. Maduran, dan sowan ke KH Dawam Sholeh PP Al Ishlah Sendangagung - Paciran dan terakhir akan bersillaturahim ke Ponpes Sunan Drajat Banjaranyar, Banjarwati, Paciran, Kabupaten Lamongan. jir