Priyo Budi Santoso. Foto: SP/IST

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Partai Berkarya diidentikkan dengan sosok Soeharto dan orde baru. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mempertanyakan ideologi Partai Berkarya. Menurut pria yang akrab disapa Cak Imin, sebuah partai wajib memiliki ideologi sebagai landasan untuk berjuang.

"Kalau PKB ideologinya NU, PDIP Soekarno. Saya enggak tahu kalau Partai Berkarya ini ideologinya Pak Harto atau apa? Terserah yang jelas ada ide yang mengikat seluruh sistem integritas partai dalam satu cita-cita," kata Cak Imin, kemarin.

Dikonfirmasi usai acara, Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso menegaskan bahwa ideologi partainya adalah pemikiran yang dilahirkan oleh Presiden ke-2 RI Soeharto. "Tadi Cak Imin menanyakan ideologi partai Berkarya apa, ideologi kami tanpa tedeng aling-aling adalah Pak Harto, yang kami simbolkan," ujarnya.

Dia menyakini bahwa sosok Soeharto akan membantu menaikkan elektabilitas partainya. Priyo menegaskan Partai Berkarya tak ragu untuk mendeklarasikan Soeharto sebagai ideologi dan simbol partainya.

"Hasil penelitian diantara para presiden yang punya pengaruh besar dan dicintai rakyat terbesar ternyata publik mengatakan, pak Harto yang kedua bung Karno, lalu presiden-Presiden berikutnya," tuturnya. Jk