Ilustrasi mengeringkan rambut

SURABAYAPAGI.com - Banyak orang sering mendapat nasihat untuk tidak keluar rumah dengan rambut basah. Hal ini paling sering dikatakan seorang ibu saat kita pergi dengan rambut basah setelah mandi. Mereka menyebut bahwa hal itu bisa menyebabkan demam dan flu.

Lantas, benarkah anggapan itu?

Meski pergi dengan rambut basah mungkin membuat tidak nyaman, tapi hal itu tidak menyebabkan flu. Seperti dilansir dari Everyday Health, Rabu, 5 Desember 2018, flu disebabkan oleh virus. Satu-satunya cara terkena flu adalah terjadinya kontak dengan virus yang menyebabkan flu.

"Untuk terkena infeksi, Anda perlu terkena agen penular. Ada beberapa virus yang beredar selama periode cuaca dingin, seperti influenza, virus flu yang berbeda. Itulah yang Anda butuhkan untuk terinfeksi," kata Dr. Pritish Tosh, seorang dokter dan peneliti penyakit infeksi di Mayo Clinic.

Pergi keluar rumah dengan rambut basah, lanjut dia, tidak akan menyebabkan infeksi. Namun, dia memeringatkan bahwa itu bukan berarti keluar rumah tanpa jaket dengan kondisi kepala basah, terutama di musim hujan adalah hal yang baik.

Cuaca dingin adalah pemicu stres pada tubuh, dan dalam kasus yang ekstrem dapat menyebabkan hipotermia, yang tentu saja dapat memengaruhi sistem kekebalan Anda. Tentu saja, Anda bisa terkena virus flu atau flu ketika berada di luar rumah di musim hujan atau dingin.

Penelitian terbaru menunjukkan rhinovirus, yang menyebabkan flu biasa, dapat berkembang dalam suhu rendah. Tetapi Anda tidak akan mendapatkan infeksi hanya karena rambut Anda basah, atau karena tidak memakai jaket, syal atau sarung tangan.