Ilustrasi Ambeien

SURABAYAPAGI.com - Ambeien atau kerap disebut juga dengan wasir, merupakan suatu penyakit yang umumnya tidak terlalu membahayakan. Namun setiap gejalanya sangat mengganggu aktifitas sehari-hari penderita.

Ambeien bisa terjadi akibat beberapa kondisi, seperti duduk terlalu lama, mengejan terlal kuat, atau terlalu lama berdiri. Ambeien merupakan gangguan pada anus, yang mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan saat mengejan.

Jika kondisi ambeien ini telah memburuk, tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain operasi. Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi sebaiknya obati segera ambeien Anda sedini mungkin. Terdapat beberapa pilihan yang bisa dilakukan untuk mengatasi ambeien tanpa operasi. Meliputi :

  • Menjaga Kebersihan Area Anus

Menjaga area anus agar tetap bersih bisa dilakukan dengan selalu mandi setiap hari. Rutin membersihkan area kulit anus dengan lembut, disarankan menggunakan air hangat.

Pastikan juga area anus tidak terlalu lembap. Hindari penggunaan tisu yang mengandung parfum atau alkohol.

  • Kompres Air Dingin

Kompres area anus dengan air dingin atau es yang dibungkus dengan handuk bersih. Hal ini untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan akibat ambeien.

  • Menjaga Pola Hidup Sehat

Untuk mengatasi ambeien, disarankan mengonsumsi makanan bererat tinggi dan minum sekurangnya 8-10 gelas setiap harinya. Ini bertujuan agar gerakan usus bisa lebih teratur dan lembut. Sehingga dapat membantu Anda menghindari ketegangan yang bisa memperparah gejala ambeien.

Konsumsi makanan berserat tinggi yang bisa di dapat dari sayuran, buah=buahan, atau biji-bijian. Disarankan pula olahraga secara teratur untuk menghindari gejala ambeien yang semakin memburuk.

  • Berendam Air Hangat

Untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat ambeien, penderita juga disarankan untuk mandi air hangat dengan merendam area anus di dalam air hangat tersebut. Sekurangnya lakukan selama 15 menit secara teratur 3 kali dalam sehari.

Pastikan juga Anda mengeringkan area anus setelah berendam air hangat dengan benar. Hal ini untuk meminimalkan kelembapan yang bisa mengganggu kulit di area anus.

  • Gunakan Bantal

Sebaiknya, duduklah di atas bantal yang empuk dan hindari permukaan yang keras. Dengan cara ini bisa membantu meredakan pembengkakan akibat ambeien dan membantu mencegah terbentuknya ambeien yang baru.