SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Produsen chipset asal Amerika Serikat, Qualcomm, resmi memperkenalkan prosesor terbarunya, Snapdragon 855.

Pengumuman Qualcomm Snapdragon 855 ini tepat satu tahun ketika peluncuran Snapdragon 845 di tahun lalu. Untuk keunggulan, dipastikan Snapdragon 855 akan muncul pada smartphone dengan jaringan 5G.

Senior Vice President and General Manager Mobile Qualcomm, Alex Katouzian, mengatakan bahwa prosesornya itu mendukung kecepatan download multi-gigabit pada 5G, dan memberikan tiga kali kinerja artificial intelligence (AI) dibandingkan platform mobile generasi sebelumnya.

"Akan ada tambahan prosesor visi komputer berdedikasi yang akan berguna bagi kamera cerdas. Ini akan mengenali siapa dan apapun yang kita ambil di kamera," ujar dia.

Chipset ini juga akan meningkatkan pengalaman bermain games dan pengalaman augmented reality (AR). Namun, Alex masih belum memberikan detailnya lebih lanjut.

Sebelumnya, Qualcomm mengonfirmasi Snapdragon akan bekerja pada proses manufaktur 7nm, atau turun dari Snapdragon 845 dan 835 dengan 10nm. Sirkuit yang lebih kecil ini artinya peningkatan pada efisien, atau akan lebih banyak kinerja serta masa pakai baterai.

Ponsel pintar dengan dukungan 5G, AT&T dan Verizon, juga unjuk gigi dalam acara ini. Keduanya juga memamerkan ponsel 5G dan hotspot dari chipset Qualcomm, termasuk modem LTE X50 dan juga kemungkinan dengan Snapdragon 855.