SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dahulu pekerjaan di dunia Teknologi Informasi (TI) identik dengan pekerjaan yang membosankan. Pekerjaan itu hanya digandrungi oleh orang-orang yang dianggap antisosial dan fungsi TI pun selalu dikaitkan dengan fungsi pendukung sehingga jenjang karier terbatas.

Lantas bagaimana nasib mereka yang kadung kepincut mengikuti tren tapi enggak punya latar belakang pendidikan TI? Enggak usah khawatir, Hendra Lesmana, Presiden Direktur Dimension Data Indonesia memberikan lima tips buat kamu yang tak punya gelar TI tapi ingin masuk industri teknologi.

1. Mau terus belajar

Bekerja di bidang TI sekarang lebih mudah dibandingkan dulu karena pada akhirnya yang dibutuhkan adalah kemauan untuk terus belajar. Zaman sekarang segala sesuatu lebih terbuka dan diakses dengan mudah.

Intinya dengan kemauan yang kuat untuk terus belajar dan fokus, kamu pun bisa berkarier di dunia TI. Caranya kamu bisa membuka tutorial-tutorial di YouTube atau baca ebook seputar TI yang bisa diunduh dengan gratis di internet

2. Harus jeli melihat kebutuhan

Nadiem Makarim atau bahkan Jack Ma tidak memiliki latar belakang TI ketika memulai usaha mereka. Mimpi mereka adalah mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi oleh masyarakat di sekitar mereka.

Memahami psikologis manusia menjadi penting sebagai kemampuan tambahan berkarier di dunia TI. Jeli melihat kebutuhan ini akan selalu menjadi ide awal untuk membangun sebuah produk yang diperlukan pasar.

3. Suka main-main dengan data

Jangan pernah menganggap data itu hanya sekadar urutan angka atau rangkaian huruf. Namun kamu harus melihat ada sebuah alasan di balik data tersebut.

Kalau kamu suka bermain-main dengan data dan mampu membaca data, maka kamu bisa melihat kebutuhan apa yang akan menjadi “the next big thing” hanya dengan melihat paparan data.

4. Harus passionate

Enggak kalah penting adalah passion atau mencintai apa yang kamu lakukan. Dengan passion, kamu akan senantiasa melakukannya dengan semangat tanpa kenal lelah dan tidak gampang menyerah sehingga memudahkan kamu untuk mencapai cita-cita. Kesulitan dan halangan yang kamu hadapi adalah bagian proses penyempurnaan ide.

5. Miliki sertifikasi

Sertifikasi menjadi penting apabila kamu ingin berkarier di dunia TI Korporasi. Pasalnya di dunia pekerjaan TI tersebut ada semacam standardisasi kecakapan minimum untuk melakukan suatu pekerjaan.

Selain agar ada pengakuan pihak lain atas pekerjaan kamu, dengan mendapat sertifikasi, kamu juga bisa meminimalisir risiko yang timbul akibat ketidaktahuan tentang suatu pekerjaan.