Diaz Hendropriyono. (Foto: SP/IST)

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono menyatakan tidak khawatir atas sejumlah hasil survei yang menyebut partainya memiliki elektabilitas kecil.

“Kami tidak khawatir dan cenderung tidak percaya hasil survei itu. PKPI memiliki survei internal sendiri yang menunjukkan elektabilitas partai terus beranjak naik,” kata Diaz dalam Musyawarah Pimpinan Nasional dan Bimbingan Teknis Nasional Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, di Jakarta, Rabu (5/12).

Dia menekankan PKPI terus memaksimalkan konsolidasi internal guna mencari solusi jitu menambah elektabilitas partai.

Di sisi lain, Diaz meyakini PKPI akan menjadi partai yang ikut memeroleh efek ekor jas atau coattail effect atas dukungan yang diberikan kepada Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019.

Menurut Diaz, efek ekor jas akan terasa jika partai memiliki asosiasi atau kedekatan yang sudah terjalin lama dan konsisten dengan capres yang didukung.

Dia menegaskan PKPI mendukung Presiden Jokowi 100 persen. Diaz berharap, kedekatan partainya dengan Jokowi akan mendongkrak elektabilitas PKPI. Diaz menargetkan pada Pemilu 2019, PKPI dapat lolos ambang batas parlemen sebesar empat persen.

“Sejak awal kami solid mendukung pak Jokowi. Kami berharap ini dilihat konstituen dan menghasilkan efek ekor jas positif, terutama di pileg,” harapnya. (Jk)