Pentingnya Media Sosial Untuk Bisnis. Foto: SP/Prila Sherly

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Di era yang penuh dengan kemajuan informasi ini bila tidak dapat mengikuti maka akan ketinggalan jauh. Kini suatu bisnis membutuhkan peranan media sosial sebagai salah satu platform yang mampu menyediakan kemajuan informasi.

Bila tidak mampu untuk mengikuti perkembangan jaman, maka secara otomatis tidak lagi mampu dalam bersaing dengan bisnis lainnya.

“Media sosial penting untuk perkembangan bisnis karena sebenarnya penggunanya terdiri atas berbagai kalangan yang mana telah memiliki pasar tersendiri. Tidak hanya itu, kini para pengusaha dibantu oleh fitur yang disediakan oleh beberapa platform seperti Facebook ads dan Twitter Sponsored. Bahkan, Facebook sendiri menyediakan pelatihan khusus untuk UMKM yang ingin mengoptimalkan penggunaannya dalam berbisnis” Ujar Cakraningrat Handaru, Social Media Manager IDN Times.

Tidak sembarangan untuk menggunakan media sosial dalam berbisnis harus disertai dengan pertimbangan agar konten dapat menarik perhatian masyarakat. “Untuk memilih konten yang akan dipost terdapat beberapa pertimbangan seperti produk, testimonial, dan harus adanya promo atau giveaway.” Tambah Cakra.

Salah satu cara berbisnis adalah dengan kenali musuh atau kompetitor baik sebelum memulai maupun di tengah usaha.

“Sebenarnya untuk memperhatikan media sosial kompetitor adalah hal penting karena dari mereka kita mendapatkan kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihannya sendiri kita dapat mempelajarinya agar memaksimalkan penggunaan sosial media. Sedangkan, kekurangannya sendiri membuat kita termotivasi bahwa kita tidak kalah dengan pihak kompetitor” Kata Cakra.

Berbagai platform media sosial seringkali membuat para pebisnis bingung untuk kapan memulainya dan menggunakan yang mana.

“Tidak perlu untuk menggunakan semua media sosial namun optimalkan beberapa seperti Instagram dan Facebook. Namun, untuk memulai penggunaannya dalam berbisnis lebih baik setelah beberapa bulan. Selain itu, harus diperhatikan waktu posting yaitu sekitar sore hingga malam sebagai paling idealnya karena saat tersebut ketika orang selesai beraktivitas.” Ujar Cakra

Kemajuan informasi membantu perkembangan bisnis ketika mampu untuk mengoptimalkan penggunaannya dengan berani engage bersama para netizen. Bukan jumlah followers yang menjadi paling penting melainkan bagaimana engagement kita terhadap orang lain melalui membalas komentar, likes, maupun repost. Pr