SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pasar kendaraan pribadi beroda empat di Indonesia saat ini masih dikuasai oleh jenis mobil keluarga tujuh penumpang. Baik itu dalam bentuk low multi purpose vehicle atau MPV, maupun low cost green car atau LCGC.

Setiap bulan, MPV kasta terendah menyumbangkan angka penjualan lebih dari 20 ribuan unit. Sementara, segmen LCGC dengan kombinasi lima dan tujuh penumpang mencatatkan angka yang tidak jauh berbeda.

Namun di segmen mobil murah dan ramah lingkungan tersebut, ada satu model mobil lima penumpang yang pada November 2018 angka distribusinya cukup menonjol. Mobil tersebut kerap menjadi yang terlaris di kelas lima penumpang, meski harus bersaing dengan model yang kapasitasnya lebih besar.

Mobil yang dimaksud adalah All New Honda Brio Satya. Berdasarkan informasi dari PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air, penjualan Brio Satya generasi terbaru pada bulan ke-11 tahun ini mencapai 6.398 unit.

Angka tersebut naik 18 persen dari bulan sebelumnya, yang hanya tercatat 5.412 unit. Dua bulan tersebut merupakan masa di mana Brio Satya generasi baru mulai dipasarkan ke konsumen.

Jika melihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, pencapaian Brio Satya baru di November 2018 adalah yang tertinggi sejauh ini. Sebelumnya, mobil mungil tersebut tidak pernah mencapai angka distribusi sebanyak enam ribu unit.