Kepala Eksekutif Dana, Vince Iswara

SURABAYAPAGI.com,Surabaya - Layanan dompet digital Dana mengaku salah satu faktor penting di aplikasinya adalah soal keamanan. Salah satunya dengan memberikan garansi kalau uang pengguna hilang maka akan diganti.

Kepala Eksekutif Dana, Vince Iswara, mengaku bahwa sistem yang terdapat di aplikasinya bisa mengidentifikasi uang pengguna yang hilang, dengan catatan, pengguna tidak melakukan transaksi.

"Dari sistem kita mengidentifikasi apabila terjadi kejanggalan uang hilang tanpa ada transaksi. Itu langsung kita balikin," kata Vince.

Selain itu, ia juga memastikan semua data pribadi pengguna yang diunggah di Dana akan aman dan tidak dicuri. Sejumlah data seperti KTP, KK, kartu debit dan kredit, diunggah di aplikasi.

Vince mengungkapkan, KTP dan KK digunakan untuk sistem kenali nasabahmu atau KYC, sedangkan kartu debit dan kredit sebagai salah satu pembayaran lewat aplikasi.

"Semua data informasi ini sebenarnya enggak kita keep (simpan). Kita cuma ambil identifikasinya dan diubah ke token. Nomor token ini hanya berlaku di aplikasi kita, tidak di tempat lain," klaim dia.

Dengan sistem seperti ini, Vince memastikan ketika ponsel dicuri, hilang, atau diretas, seluruh data pribadi aman. "Sangat safe. Tidak ada yang bocor," paparnya.

Bukan itu saja. Vince juga mengucapkan terima kasih dengan layanan OVO dan Gopay karena membuat merchant mudah diajak bekerja sama.

Menurutnya, merchant lebih mudah untuk diajak online di Dana juga karena aplikasi pendahulunya.

Jika dahulu yang terjadi adalah pihak penyedia aplikasi harus memberitahu dari awal untuk mengajak kerja sama tiap merchant.

Untuk pengguna juga lebih mudah mengajaknya, termasuk menyimpan uang di dompet digital dengan sistem top-up.