SURABAYAPAGI.com, Blitar - Kemarin (Selasa 11/12) puluhan paguyuban peternak ayam yang tergabung dalam Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) menggelar Deklarasi Damai jelang Pemilu 2019 yang di ikuti sekitar 45 orang pengurus PPRN yang di pimpin Ketua PPRN Rofi Yasifun.

Digelarnya Deklarasi tersebut bertujuan untuk iktu menciptakan Pemilihan Umum yang Sejuk, Damai dan aman, karena paguyuban PPRN pengikutnya sekitar puluhan ribu peternak di wilayah Blitar Rayar.

Sebelum acara puncak Deklarasi, puluhan peserta Deklarasi mengadakan Diskusi mengenai ketahanan pangan termasuk peternak Telur, karena telur merupakan 11 bahan pokok Strategis, selain diskusi para peserta melakukan dialog bersifat tanya jawab.

Bersama Rofi Yasifun di dampingi oleh Ketua kelompok paguyuban peternak telur Sukarman, diskusi dan tanya jawab itu, berlangsung sekitar satu jam setengah, menghkahiri acara dialog dan tanya jawab, peserta langsung menggelar Deklarasi Damai yang di ucapkan oleh seluruh peserta Deklarasi.

Sambil mengepal tangan kananya yang di tempelkan di dadanya peserta dengan serempak mengucapkan ikrar, “Para Peternak Blitar Raya, siap sukseskan Pemilu nyang Sejuk, Aman dan Damai, serta membantu menjaga ketahanan pangan Nasional”.

Seperti yajng di sampikan oleh ketua PPRN Rofi Yasifun, bahwa pertemuan ini sekaligus menggelar Deklarasi Damai, “Kami para peternak berkomitmen ikut untuk mkenciptakan Pemilu 2019 mendatang yang Aman Damai, dan Sejuk.” Kata Yosifun setelah berkahirnya Deklarasi Damai kepada wartawan.

Selain itu Rofi juga mengatakan, bahwa menurutnya, Blitar merupakan salah satu sentral peternak ayam petelur di Indonesia, dengan memperinici Rofi Yasifun menyampaikan, bahwa jumlah peternak ayam di Blitar mencapai 4.332 orang.

Sedang yang tergabung dalam PPRN sudah mencapai lebih dari 1000 peternak dan hasil produksi telur dari peternak di wilayah Blitar Raya, setiap harinya dapat menghsadilkan telur 400 sampai 650 Ton telur.

“Kami ikut bertanggung jawab menjaga ketahanan pangan keterkaitanya dengan masalah telur,untuk rekan rekan ketahui bahwa telur merupakan 11 bahan pokok Strategis.” Kata Rodi Yasifun.

Masih menurut Rofi, terkait Pemilu, bahwa pelaksanaan Pemilu yang aman, damai dan sejuk juga akan berpengaruh terhadap para rekan rekan peternak sehingga para peternak dengan tenang dan nyaman akan lebih fokus untuk meningkatkan produksi telur, sehingga kebutuhan pokok strategis terlur secara nasional bisa terpenuhi.

“Kalau situasi aman dan damai, kita bisa mempertahankan produk telur sehingga kami menghadirkan Gizi untuk semua anak Bangsa ini, karena telur merupakan solusi mempersiapkan Gizi bagi anak anak kita.”kata Rofi. les