SURABAYAPAGI.com - Bicara soal jajanan manis, tentu gak bisa luput dari yang namanya permen dan cokelat, dong. Nah, buat kamu yang mengalami masa sekolah dasar, di tahun 90an hingga awal 2000an nih, masih ingat gak sama 5 cokelat jadul berikut ini?

1. Cokelat payung



Sesuai namanya, cokelat yang satu ini memang berbentuk payung kecil lengkap dengan gagang, yang berfungsi sebagai pegangan saat kita menikmati cokelatya.

Jadi berasa makan payung utuh gak sih, hehe.

Menariknya lagi, permen ini dibungkus dengan kertas alumunium foil warna-warni. Seperti merah, kuning, biru atau hijau. Tak ada perbedaan rasa yang diwakilkan dari warna-warna tadi sih. Tapi dulu, kamu pasti pernah ingin memilih warna tertentu kan. Ayo, ngaku aja deh gak usah malu.

2. Cokelat koin



Penampilan dari cokelat koin memang bisa dibilang mencolok. Karena bungkusnya yang berwarna emas, dan bentuknya yang benar-benar menyerupai koin. Dulu, anak-anak sering menjadikannya mainan uang-uangan.

Tak jarang pula, karena terlalu asik dibuat maianan, cokelatnya jadi lembek dan wujudnya jadi gak lagi sempurna. Rasa dari cokelat koin ini, cenderung manis. Jadi, meski membeli dalam jumlah banyak, dua tiga kali makan pasti sudah terasa eneg-nya.

3. Cokelat Yosan



Siapa nih yang dulu hobi borong cokelat yosan? Karena dijual dalam bentuk pack, tak jarang ada anak yang kelebihan uang jajan, membelinya utuh satu kemasan sekaligus. Padahal dalam satu kemasan tersebut berisi 20 cup cokelat.

Ada empat rasa yang bisa dipilih, yakni cokelat strawberry, cokelat vanila, cokelat hijau (mungkin rasa melon) dan cokelat jeruk. Berbeda dengan cokelat sebelumnya, choyo-choyo berbentuk krim kental dan disediakan sendok kecil untuk menikmatinya.

4. Cokelat eyeglass



Kalau cokelat yang bentuknya bulatan kecil seperti kancing baju, sekarang pasti langsung ingat sama m&m. Tetapi, zaman dulu sudah ada lho cokelat sejenis itu, namanya eyeglass. Sekilas kemasannya mirip dengan tablet obat dengan bungkus alumunium foil.

Disebut eyeglass karena packaging-nya menyerupai kacamata. Satu pack terdiri dari 14 butir cokelat warna-warni.

5. Choki-choki



Siapa sangka kalau choki-choki yang masih nge-hits sampai sekarang, ternyata sudah ada dari zaman dulu. Cokalat berbentuk pasta yang dikemas dalam plastik panjang ini, dulunya hanya memiliki satu pilihan rasa, yaitu cokelat original.

Namun sekarang kamu bisa menikmati choki-choki dengan dua jenis rasa seperti cokelat susu dan cokelat mede. Baru makan sekali, jadi ketagihan ingin nambah lagi, kan. id