Wisata Goa Selomangleng, Kota Kediri.

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Wisata Goa Selomangleng Kota Kediri kembali dipercantik. Mulai dari fasilitas wahana permainan, taman hingga gapura masuk semuanya diperbaiki agar para pengunjung semakin betah saat berwisata.

Pantauan dilokasi, saat masuk ke wisata Goa Selomangleng para pengunjung langsung disuguhi bangunan watermark bertuliskan ’I Love Goa Selomangleng’. Bangunan yang berdekatan dengan patung Dewi Sekartaji itupun kini sering dijadikan spot foto bagi para pengunjung.

Tidak hanya itu, peninggalan sejarah yang kini menjadi wisata satu satunya di Kota Kediri, juga memiliki area wahana permainan dan panggung hiburan. Panggung tersebut biasanya saat musim liburan digunakan sebagai pagelaran kesenian jaranan.

Selain itu sebelum menikmati puncak wisata Goa Selomangleng, sebelah utara pintu masuk pengunjung juga bisa menikmati sejumlah peninggalan sejarah berupa arca yang berada di Museum Airlangga.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Nur Muhyar mengatakan, sejumlah perbaikan fasilitas di area Wisata Goa Selomangleng dilakukan agar dapat menarik minat wisatawan baik dalam maupun luar Kota Kediri.

"Kami mulai menata dan membenahi sarana dan prasarananya. Meliputi, pembuatan gapura dan membenahi panggung baru di kawasan Goa Selomangleng," ujarnya.

Menurutnya, seperti perbaikan gapura didesain khusus dan sedemikan rupa agar tidak menghilangkan kesan akan sejarahnya. Bahkan, penempatan bangunan watermark bertuliskan ’I Love Goa Selomangleng’ dibangun berdekatan dengan patung Dewi Sekartaji karena memang memiliki cerita pada Goa Selomangleng.

"Kita kebut pembangunannya. Tujuannya agar dapat dinikmati pengunjung dan dapat meningkatkan kunjungan saat musim liburan sekolah," tandas Nur Muhyar. Can