Peneliti Utama LIPI Dr. Deny Hidayati

SURABAYAPAGI.com - Peneliti Bidang Ekologi Manusia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Deny Hidayati, mengatakan bahwa sosialisasi dan edukasi mengenai mitigasi bencana tidak bisa jika hanya dilakukan sekali saja atau dalam jangka pendek.

"Kegiatan edukasi mitigasi bencana harus dilakukan secara terus-menerus, tidak bisa jika hanya dilakukan satu kali saja," katanya di LIPI, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.

Indonesia merupakan negara yang banyak mengalami bencana. Untuk itulah pendidikan mitigasi harus membekas di masyarakat, agar mereka tahu apa yang harus dilakukan jika kerap terjadi bencana.

Ia juga berharap edukasi ini bisa masuk ke dalam kurikulum pendidikan, disertai latihan dan simulasi. Berdasarkan pengalamannya saat melakukan penelitian di Jambi, Sumatera, sosialisai yang dilakukan dalam jangka pendek tidak begitu efektif.

"Pendidikan mitigasi bencana di sekolah itu penting, misalnya dengan materi yang dijadikan bagian dari mata pelajaran, atau dilakukan dengan kegiatan ekstrakurikuler," ucapnya.

Setelah terjadi tsunami di Aceh, gempa Lombok dan Palu, berbagai instansi maupun pemerintah dengan sigapnya melakukan berbagai upaya. Namun upaya tersebut hanya sebentar diingat dan secara cepat dilupakan. v