Ilustrasi pemakaian lipstik pada bibir, Foto: cutypaste.com

SURABAYAPAGI.com - Lipstik adalah satu dari sekian banyak kosmetik yang pasti dimiliki wanita. Beberapa wanita mengaku jika semakin percaya diri saat memakai lipstik. Perona bibir bagi wanita ini mempunyai banyak macam, mulai dari merek, bentuk hingga warna.

Beberapa wanita pasti pernah mencoba berbagai merek dan warna lipstik. Tapi apa jadinya jika seorang wanita mengalami alergi terhadap zat yang terkandung dalam lipstik?

Setiap lipstik pasti mempunyai kandungan yang berbeda-beda. Kekebalan setiap orang terhadap zat tertentu juga berbeda. Bisa saja seorang wanita yang awalnya tak ada masalah dengan merek tertentu, menjadi alergi di kemudian hari. Berikut beberapa tanda yang terjadi di bibir saat mengalami alergi lipstik.

1. Gatal atau Panas

Kemunculan sensasi gatal, panas atau terbakar pada bibir merupakan tanda awal penolakan tubuh terhadap zat tertentu.

2. Bengkak dan Nyeri

Bengkak bisa terjadi pada bibir bagian atas maupun bawah. Terkadang bengkak juga disertai rasa nyeri dan tidak nyaman bahkan bibir terasa sangat perih.

3. Kebas

Rasa kebas atau mati rasa juga bisa menjadi gejala awal terjadinya alergi. Kebas bisa terjadi pada bibir bagian atas maupun bawah.

Gejala alergi lipstik tidak hanya terjadi bibir saja, bisa juga disertai dengan hidung dan mata berair serta bengkak. Jika kamu merasa terkena alergi lipstik pertolongan utama adalah mengopres bibir dengan es batu yang dibungkus. Setelah itu jangan lupa kunjungi dokter agar bisa diresepkan obat untuk mengatasi gejala. hs