Jangan sampai kerjamu mengganggu waktu ngopimu.

Anggapan tersebut sering diucapkan oleh para pekerja kantoran atau para penikmat kopi garis keras. Bagi mereka, meminum kopi sebelum menjalankan aktivitas padat adalah wajib.

Namun, agaknya banyak orang kurang melirik kopi dari segi bisnis. Indonesia memiliki sejarah panjang dengan kopi.

Sejak zaman kolonial Belanda, kopi menjadi salah satu komiditi utama yang diperdagangkan. Bila kita tarik kesimpulan, berbisnis biji kopi di Indonesia adalah menjanjikan.

Mumpung bisnis kopi belum begitu banyak pesaing, bila Anda ingin berbisnis kopi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan tanpa perlu memiliki kebun kopi atau repot-repot bercocok tanam kopi.

  • Berkenalan dengan tangan pertama. Para petani kopi, atau pemilik pabrik kopi adalah langkah awal yang bisa digunakan untuk berbisnis. Mulailah bertanya pada mereka dan belajar dari mereka tentang pengetahuan dasar kualitas biji kopi yang terbaik.
  • Bila ingin berbisnis minuman kopi, sebaiknya belajar roasting atau olah kopi dari ahlinya. Biasanya pembelajaran roasting ini diadakan oleh beberapa kafe-kafe yang memang khusus menyediakan kopi. Kursus roasting ini biasanya singkat, berbayar atau malah tidak berbayar.
  • Menyambung pada poin kedua, ada baiknya memiliki barista (peracik minum) yang handal atau jadilah barista itu sendiri. Kursus menjadi barista bisa dengan mudah dijumpai. Jika ingin belajar secara otidak juga tidak salah.

Jika semua persiapan sudah dilakukan, hal yang perlu dilakukan adalah mencari tempat yang sesuai. Bisnis biji kopi bisa dilakukan di dalam rumah. Anda hanya perlu membuat packanging yang bagus dan tentunya mampu menjamim biji kopi tersebut tetap terjaga kualitasnya.

Namun bila Anda berminat untuk berbinis minuman kopi, Anda bisa menyulap rumah sendiri menjadi kedai sederhana yang menyenangkan.

Bila dirasa rumah sendiri tidak terlalu cocok untuk kedai kopi, maka Anda bisa menyewa rumah-rumah yang sekiranya cocok untuk kebutuhan bisnis minuman kopi Anda.

Dekorasi interior dan eksteriornya bisa mengambil ide dari sosial media seperti Instagram maupun Pinterest.

Jika Anda merasa memiliki modal besar, menyewa jasa arsitek untuk mendesain kedai Anda juga bisa dilakukan.