Ilustrasi makanan yang mengandung vitamin A, Foto: Holistic Kenko

SURABAYAPAGI.com - Sejak dahulu, wortel diketahui adalah sumber makanan yang mengandung vitamin A. Makanan yang mengandung vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata. Sebenarnya selain wortel, beberapa makanan lain juga mengandung vitamin A yang tinggi.

Ada 2 jenis vitamin A, yaitu retinol dan yang beta karoten. Retinol adalah vitamin A yang berasal dari hewani. Sedangkan beta karoten adalah vitamin A yang berasal dari nabati.

Beberapa orang merasa aneh dengan rasa khas yang dimiliki wortel. Beberapa makanan ini juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin A lho.

1. Pepaya

Sebagai makanan yang mengandung vitamin A, buah berwarna oranye berbiji hitam ini bisa jadi andalan. Rasa buah pepaya yang manis bisa memberikan asupan vitamin A bagi tubuh. Setiap 100 gram buah pepaya mengandung sekitar 1038 mikrogram beta karoten.

2. Bayam

Bayam diketahui adalah makanan yang mengandung banyak zat besi. Sayuran berdaun hijau gelap ini juga bisa menjadi satu alternatif makanan sumber vitamin A. Setiap 100 gram bayam mengandung sekitar 2.699 mikrogram beta karoten.

3. Paprika

Paprika sering digunakan sebagai pelengkap bahan masakan. Tak cuma memperindah, paprika juga memberi rasa dan ikut menyumbang asupan vitamin A bagi tubuh. Setiap 100 gram paprika mengandung sekitar 157 mikrogram beta karoten

4. Keju

Makanan fermentasi ini terkenal dengan kandungan kalsium dan zat besi. Tak cuma itu ternyata keju juga mengandung vitamin A nabati dan hewani. Setiap 100 gram keju mengandung sekitar 227 mikrogram retinol dan 128 mikrogram beta karoten.

5. Hati Sapi

Sebagai makanan yang dikenal dengan istilah jeroan, hati sapi kaya akan retinol atau vitamin A hewani. Diketahui kandungan retinol pada hati sapi sekitar 1.201 mikrogram. Meski begitu jangan terlalu sering mengkonsumsi jeroan karena efek sampingnya. hs