Direktor PT Smelting Hideya Sato secara simbolisi menyerahkan bantuan dana CSR kepada penerima manfaat. SP/M.AIDID EVP

SURABAYAPAGI.com, Gresik - PT Smelting menyerahkan dana CSR (corporate social responsibility) sebesar Rp 1,788 miliar kepada warga ring 1 Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik.

Secara simbolis dana CSR dari perusahaan peleburan dan pemurnian tembaga tersebut diserahkan oleh Hideya Sato selaku EVP Director PT Smelting kepada sejumlah penerima manfaat bertempat di Balai Desa Roomo, Senin (7/1).

Manurut Kepala Desa Roomo Rusdiyanto, dana CSR PT Smelting pada 2019 ini mengalami peningkatan cukup besar bila dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 1 miliar. Semua dana bantuan disalurkan melalui Yayasan Sumur Gimang yang dibentuk dan dikelola sendiri oleh warga desa setempat.

EVP Director Hideya Sato pada kesempatan tersebut mengatakan pihaknya sebagai perusahaan yang beroperasi di Desa Roomo sangat konsen untuk menyalurkan dana CSR untuk dimanfaakan sebesar-besarnya kepentingan masyarakat setempat.

"Kami sangat perduli untuk membantu kegiatan warga terutama pada bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan," ujarnya dalam Bahasa Indonesia yang cukup lancar.

Sementara Camat Manyar Suyono memuji perusahaan asal Negeri Sakura itu dalam penyaluran dana CSR. "PT Smelting adalah satu-satunya perusahaan di Kabupaten Gresik yang menyerahkan dana CSR-nya secara tunai kepada penerima manfaat, dan jumlahnya cukup besar," ungkapnya.

Beberapa program yang akan dibiayai dana CSR tahun ini seperti bantuan untuk peningkatan kualitas pengajar sebesar Rp 150 juta; bantuan kesehatan Rp 22,4 juta; honor pustakawan Rp 12 juta; beasiswa prestasi Rp 22,9 juta; pembangunan TK Dharma Wanita Rp 25 juta; tambahan makanan untuk PAUD/KB/TK Rp 10,5 juta. did