Ilustrasi siklus mestruasi, Foto: Babyologist

SURABAYAPAGI.com - Menstruasi adalah hal yang pasti terjadi pada seorang wanita. Namun karena beberapa sebab, siklus menstruasi seorang wanita dapat terganggu. Satu di antara penyebab telat menstruasi adalah adanya kehamilan.

Tapi tak melulu hamil , beberapa kondisi juga dapat menyebabkan wanita telat datang bulan. Berikut beberapa penyebab wanita mengalami gangguan siklus menstruasi.

1. Stres

Saat fisik dan pikiran sedang lelah, fungsi hipotalamus dalam otak juga akan terganggu. Hipotalamus adalah bagian otak yang berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi seorang wanita bersama dengan hormon.

2. Merokok

Gangguan siklus menstruasi juga terjadi pada wanita yang aktif merokok. Sebab zat-zat dalam rokok seperti nikotin dapat mempengaruhi hormon-hormon yang berperan dalam penentuan siklus menstruasi.

3. Obesitas

Berat badan yang bertambah juga dapat mempengaruhi hormon seorang wanita. Jika obesitas adalah penyebab dari telatnya menstruasi, dokter mungkin akan menyarankan melakukan diet dan olahraga.

4. Penurunan Berat Badan

Tak hanya kenaikan, penurunan berat badan secara drastis juga menyebabkan siklus menstruasi terganggu. Terlebih pada orang-orang yang memiliki gangguan makan bulimia dan anoreksia. Jika berat badan kurang dari ideal, fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan sel telur) pun terhenti.

5. Sindrom Ovarim Polikistik

Polycystic Ovary Syndrome/PCOS merupakan kelainan pada hormon dan sistem metabolisme sehingga fungsi indung telur terganggu. Hal ini dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Oleh karena itu, seorang wanita harus menerapkan gaya hidup yang sehat serta rajin berolahraga agar siklus menstruasinya tak terganggu. ad