Ilustrasi penyakit jantung, Foto: Healthfully

SURABAYAPAGI.com - Menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan oleh setiap orang, terlebih di era sekarang. Orang zaman sekarang sangat dimudahkan dengan adanya teknologi. Hal ini membuat orang malas bergerak dan menimbulkan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Hingga sekarang penyakit jantung koroner masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

1. Cukup Tidur

Tidur merupakan aktivitas untuk merecovery seluruh bagian tubuh yang telah bekerja selama seharian. Terkadang beberapa orang mengalami kesulitan tidur karena beberapa faktor. Ada pula orang yang tak mempunyai waktu yang cukup banyak untuk tidur. Orang dewasa sebaiknya tidur sekitar 7-9 jam.

2. Hindari Merokok

Merokok merupakan penyebab utama dari berbagai penyakit, termasuk jantung. Jadi alangkah baiknya mulai mengurangi kebiasaan merokok dari sekarang agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Mulai kurangi kebiasaan makanan instan dan junkfood. Ganti dengan konsumsi sayur, biji-bijian dan buah. Makanan sehat dapat memperkecil risiko terkena penyakit jantung.

4. Kendalikan Berat Badan

Beberapa orang cenderung mengalami kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis. Mengontrol berat badan mempunyai dampak langsung terhadap kesehatan. Kelebihan berat badan dapat memicu tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol hingga jantung.

5. Berolahraga

Tak perlu berolahraga berat, melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan cepat sudah cukup. Durasi olahragapun tak melulu harus lama, bisa luangkan waktu sekitar 30 menit di pagi atau sore hari. ad