Polisi sedang melakukan pemeriksaan di jalanan Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Foto: Sasambo News

SURABAYAPAGI.com - Banyak kota di Indonesia yang memiliki panas hingga di atas 34 derajat celcius. Apalagi pada saat musim kemarau. Beberapa kota di bawah ini bahkan terkenal karena udara suhu tingginya.

1. Pekanbaru, Riau

Kota Pekanbaru adalah salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera. Cuaca di kota yang bergelar Kota Bertuah ini rata-rata berkisar antara 32 - 36 derajat celsius pada siang hari.

2. Medan, Sumatera Utara

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. Medan merupakan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Suhu di kota ini berkisar 30-35 derajat celsius pada siang hari.

3. Bekasi, Jawa Barat

Panasnya Kota Bekasi dipengaruhi oleh tata guna lahan yang meningkat terutama industri, perdagangan dan pemukiman. Suhu di Bekasi bisa cukup tinggi hingga mencapai 35 derajat celsius.

4. Surabaya, Jawa Timur

Kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, setelah Jakarta ini, termasuk kota yang sangat panas. Suhu di kota yang berlambang hiu dan buaya ini berkisar antara 31–34 derajat celsius. Panasnya Kota Surabaya juga dipengaruhi dengan letaknya yang berada di Pantai Utara Jawa.

5. Bima, Nusa Tenggara Barat

Di kota ini matahari bersinar terik sepanjang musim dengan intensitas penyinaran mencapai 39 derajat celsius. Tahun 2014, kota Bima dinobatkan sebagai kota terpanas. md