Makan popcorn tak membuat gemuk, Foto: iPrice

SURABAYAPAGI.com - Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, asupan makanan tentu sangat perlu diperhatikan. Selain rasa dan jenisnya, kandungan dalam makanan tersebut hendaknya tak menggagalkan niat berdiet. Namun ada beberapa makanan yang bisa dinikmati dan tak membuat berat badanmu naik. Berikut beberapa makanan yang cocok untuk dikonsumsi tanpa khawatir akan menjadi gemuk.

1. Popcorn

Popcorn berasal dari jagung yang rendah kalori. Konsumsi popcorn dalam jumlah banyak tak perlu membuat khawatir akan penambahan berat badan. Pilih popcorn atau berondong jagung mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

2. Kentang

Kentang adalah sumber potasium yang sangat sempurna karena dapat mengontrol natrium dan mengurangi rasa kembung. Karotenoid dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya.

3. Salmon

Salmon mengandung tinggi protein tanpa lemak atau yang biasa disebut lean protein. Dari protein inilah salmon layak dijadikan makanan sehat yang bisa membakar lemak dalam tubuh.

4. Apel

Satu apel hanya mengandung 50 kkal yang bisa membuat kenyang dan bermanfaat untuk mengatur pencernaan. Konsumsi apel setiap hari bisa memberikan rasa kenyang di perut yang cukup lama.

5. Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang, seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete, kaya akan protein dan serat. Seperti kacang polong memiliki kandungan gizi yang komplit, seperti vitamin c, magnesium, zat besi, serta kalium. Edamame dan kacang kedelai muda juga dapat menjadi pilihan yang menyegarkan. Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan 180 kalori, serta zat besi, magnesium, dan folat. ad