Jenis kopi affogato, Foto: VinePair

SURABAYAPAGI.com – Kedai kopi modern atau kafe biasanya menyediakan berbagai jenis kopi. Mulai dari latte, cappuccino, americano hingga espresso. Lalu apa perbedaan berbagai jenis kopi yang disajikan di kafe-kafe tempat nongkrong anak muda zaman sekarang?

1. Espresso

Espresso merupakan ekstrak biji kopi murni tanpa campuran. Rasanya sudah pasti pahit, dengan tingkat kekentalannya tergantung dari biji kopi yang digunakan. Espresso biasa dikonsumsi dalam cangkir kecil. Espresso volumenya hanya sekitar 30-45 ml.

2. Americano

Americano adalah kopi yang berasal dari campuran espresso dan air. Rasa pahit Americano relatif masih bisa diterima oleh lidah kebanyakan orang yang awam soal rasa kopi. Americano bisa disajikan dengan gula atau biasa juga disebut sebagai long black.

3. Capuccino

Capuccino adalah hasil campuran espresso, susu, dan buih susu. Cappucino pada dasarnya merupakan kopi susu yang juga diberi foam. Takaran dan cara penyajiannya yaitu 1/3 susu yang harus dikocok hingga berbusa.

4. Latte

Latte adalah campuran susu sapi dan kopi espresso. Latte memiliki kadar susu paling banyak, barista menyebut komposisinya dengan very milky coffee.

5. Affogato

Affogato adalah espresso dengan campuran satu scoop besar es krim. Affogato memberikan sensasi dingin di atas gelas kopi espresso. hw