Kanker kelenjar getah bening

SURABAYAPAGI.com - Kanker kelenjar getah bening atau yang disebut dengan limfoma akan menimbulkan keluhan utama yaitu benjolan yang tidak terasa sakit, cenderung membesar, dan menetap. Kelenjar getah bening dapat ditemukan di leher, ketiak, selangkangan, perut, panggul dan dada. Beberapa gejala berikut timbul saat orang mengalami kanker kelenjar getah bening.

1. Demam

Pasien limfoma akan mengalami demam dengan derajat yang relatif rendah, yaitu sekitar 37 derajat celsius dan tidak pernah lebih dari 38 derajat celsius. Demam biasanya disertai tubuh kedinginan, menggigil, dan tubuh mengeluarkan banyak sekali keringat di malam hari.

2. Mudah Lelah

Lelah dan lesu jadi pertanda bahwa tubuh sedang tidak sehat. Pasien limfoma biasanya akan merasa sangat lelah atau lemah. Misalnya, napas menjadi pendek dan sulit bernapas saat tingginya aktivitas, padahal sebelumnya baik-baik saja.

3. Berat Badan Turun

Penurunan berat badan sebesar 5 sampai 10 persen dalam waktu satu bulan. Orang dengan kondisi ini, membakar lebih banyak energi karena tubuh mencoba melawan sel-sel kanker.

4. Gatal-gatal

Limfoma dapat menyebabkan kulit gatal dan ruam. Gejala ini umumnya terjadi pada jenis limfoma hodgin dan terjadi karena zat sitokin yang dilepaskan oleh tubuh untuk melawan sel kanker.

Limfoma berbeda dengan leukemia. Kanker limfoma berawal dari limfosit yang melawan infeksi, sementara leukemia berawal dari sel pembentuk darah di dalam sumsum tulang. Segera kunjungi dokter yang Anda percayai apabila sudah terlihat ciri-ciri kanker kelenjar getah bening seperti di atas. hs