Es krim (Kiri) dan gelato (kanan), Foto: npr.org

SURABAYAPAGI.com - Es krim dan gelato keduanya sama-sama sajian dessert atau makanan penutup yang mengandung banyak gula dan lemak. Keduanya harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Sama-sama disajikan dingin dan berasal dari susu, apa beda es krim dan gelato?

1. Suhu Penyajian

Es Krim terasa lebih tajam di lidah daripada gelato. Hal ini dikarenakan proses pembekuan es krim dengan suhu yang lebih rendah mencapai minus 20 derajat celcius. Sedangkan, gelato hanya membutuhkan minus 10 derajat celcius.

2. Kandungan Udara

Proses pengolahan es krim dalam pengadukannya dapat mengikat udara lebih banyak ketimbang gelato. Hal ini menyebabkan gelato cenderung lebih pekat dan padat daripada es krim yang kandungan udara dalam adonannya lebih banyak. Gelato juga terasa lebih ringan dan lembut teksturnya di lidah dibanding es krim.

3. Kandungan Lemak

Kandungan lemak es krim jauh lebih tinggi dari gelato. Kebanyakan es krim yang beredar di Indonesia berkonsep American ice cream yang menggunakan lebih banyak butterfat atau lemak dalam susu dan krim. Persentasenya minimal 10 persen dari total berat es krim. Sedangkan, gelato hanya menggunakan 3,5 persen butterfat untuk menciptakan rasa yang lebih intens. hs