Petugas melakukan evakuasi dengan cara memotong pohon yang tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang (foto istimewa)

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Hujan lebat disertai angin kencang melanda Kota Kediri, Rabu (9/1/2018) malam. Hujan yang mengguyur selama berjam-jam itu mengakibatkan puluhan pohon tumbang disejumlah titik lokasi.

Puluhan pohon tumbang terkena angin kencang tersebut diketahui berada di 17 titik lokasi di Kota Kediri. Akibat peristiwa itu tim gabungan dari BPBD Kota Kediri bersama Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri langsung melakukan evakuasi dengan cara memotong pohon yang tumbang.

"Dari 17 titik lokasi ini, menurut data kami ada 30 pohon yang tumbang. Kejadiannya kemarin malam saat hujan deras disertai angin kencang mengguyur Kota Kediri," ujar Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur, Kamis (10/1/2019).

Lanjut Didik, 17 lokasi pohon tumbang tersebut antara lain berada di Jl. Kapten Tendean sebanyak 2 pohon, Jl. S. Parman: 2 pohon, Jl. Hayam Wuruk: 2 pohon, Jl. Letjen Sutoyo: 1 pohon, Jl. Durian: 3 pohon, Jl. Rejomulyo Tembus Manisrenggo: 1 pohon, Lingkungan Baudendo Manisrenggo: 2 pohon, Jl. Perintis Kemerdekaan: 1 pohon, Jl. Menuju arah grosir: 1 pohon, Jl. Sumber Jiput: 4 pohon, Jl. Tosaren: 1 pohon, Jl. Penanggungan: 1 pohon, Jl. Wahid Hasim: 1 pohon, Jl. Hos Cokroaminoto: 1 pohon, Jl. Taman ngronggo: 5 pohon, Jl. Brigjen katamso: 1 pohon dan Jl. Mt. Haryono: 1 pohon.

"Sejak kemarin malam hingga siang tadi kita masih melakukan penanganan dengan cara memotong pohon yang tumbang agar tidak membahayakan masyarakat," imbuhnya.

Selain mengakibatkan pohon tumbang, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan satu orang pengendara motor mengalami kecelakaan. Korban bernama Riski Agustina warga Dukuh Ngadiluwih, Kabupaten Kediri dilarikan ke RSUD Gambiran 2 setelah menabrak pohon yang tumbang di Jl. Tirtosari Kelurahan Tosaren, Kota Kediri.

"Memang ada satu korban luka, tapi bukan karena tertimpa pohon. Kejadiannya karena korban menabrak pohon yang tumbang. Saat itu dilokasi sudah ada warga yang memperingatkan namun korban kurang hati-hati hingga akhirnya menabrak. Saat ini korban sudah dirawat di RSUD Gambiran," jelas Didik Catur. Can