Capres - Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengunjungi kediaman SBY, kemarin. Foto: SP/IST

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pesan untuk penyelenggara Pemilu.

SBY kata Dirman meminta agar KPU dan Bawaslu bersikap netral dan tidak berat sebelah. Hal itu diungkapkan SBY saat melalukan pertemuan dengan Prabowo dan Sandi di kediamannya yang berada di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. "Menurut saya sebaiknya penyelenggara negara, KPU, Bawaslu betul-betul netral itu pesan Pak SBY tadi," kata Sudirman di kediaman SBY, Jakarta, Kamis (10/1).

Lebih lanjut kata Dirman selama pertemuan itu, SBY memang banyak membahas ketidakadilan yang akhir-akhir ini banyak terjadi di Indonesia. Ketidaknetralan beberapa lembaga negara pun kata dia nampak jelas.

SBY pun kemudian kata dia, langsung menitipkan pesan kepada KPU dan Bawaslu agar bersikap netral. Pesan itu juga berkaitan dengan polemik acungan dua jari yang menimpa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat hadir di acara Partai Gerindra beberapa waktu lalu.

"Banyak sekali kepala daerah yang melakukan itu tidak diapa-apakan. Sebenarnya itu wujud dari ya inilah suasana ketidakadilan itu dan masyarakat menonton itu. Mudah-mudahan penyelenggara pemilu netral," kata Dirman mengulang pernyataan SBY.

Lebih lanjut, selama pertemuan itu SBY dan Prabowo-Sandi juga membahas seputar debat perdana yang akan digelar 17 Januari mendatang. Banyak masukan yang diberikan SBY kepada keduanya terkait debat ini.

Meski banyak membantu terkait debat, Dirman mengaku belum bisa memastikan apakah Presiden ke-6 itu akan hadir dalam debat perdana. Yang jelas kata dia, seluruh pemimpin partai koalisi diberi undangan untuk hadir saat debat. "Tidak dibahas (soal kedatangan SBY) tapi undangan pasti akan diberikan ke seluruh koalisi dan nanti kita lihat," katanya.

Minta Prabowo-Sandi Jaga Kondisi

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ahmad Muzani mengaku SBY banyak memberikan wejangan dan pesan untuk Prabowo dan Sandi. SBY berpesan agar Prabowo-Sandi tetap sehat dan fit menjelang dan saat debat berlangsung. "Selain wejangan menghadapi debat, beliau juga minta agar paslon tetap fit dan sehat, jaga kondisi," kata dia di kediaman SBY.

Selama pertemuan keduanya juga banyak membahas isu-isu terkait tema debat perdana. Keduanya berdiskusi membicarakan isu-isu terkini yang tengah terjadi di masyarakat.

Tak hanya itu, SBY juga memberikan masukan bagaimana menarik simpati dan suara pemilih sebanyak-banyaknya saat debat berlangsung. "SBY beri masukan menarik pada akhirnya bukan hanya orang yang di ruangan debat tapi pemilih adalah seluruh rakyat Indonesia yang ada di dalam ruangan debat," tutupnya.