Foto : Kemenkeu Sri Mulyani

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disebut cocok menjadi Presiden baru World Bank (WB) alias Bank Dunia. Pasalnya Jim Yong Kim belum lama ini mengundurkan diri.

Hal itu diungkapkan oleh US Chairman The Official Monetary and Financial Institutions Forum (OMFIF) Mark Sobel. Dia menilai dominasi orang Amerika Serikat (AS) memimpin WB dan Eropa memimpin IMF harus diakhiri. Dominasi itu pun berdasarkan konsensus yang berlaku sejak akhir perang dunia II.

Mark Sobel menilai, langkah Jim Yong Kim yang resmi mundur per 1 Februari 2019 ini juga menjadi momentum untuk mengubah konsensus mengenai kepemimpinan di dua lembaga internasional itu.

"Kepergian Kim menghadirkan kesempatan untuk mengevaluasi kembali konvensi," kata Mark Sobel seperti yang dikutip dari laman OMFIF, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Dia menyebut, beberapa kandidat yang bisa menggantikan peran Jim Yong Kim di Bank Dunia adalah Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani yang juga mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia, atau Menteri Keuangan Nigeria Ngozo Okonjo-Iweala yang juga mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Mark Sobel menilai, jika negara berkembang serius mengakhiri dominasi konvensi tersebut, maka harus bertindak cepat untuk menemukan kandidat yang kuat, kredibel, dihormati secara global.

Selain itu, kata Mark Sobel, lanskap ekonomi global yang berubah membuat konvensi tersebut semakin ketinggalan zaman. Ada banyak kandidat potensial yang di dunia, termasuk dari AS.

Hanya saja, seiring kepergian Jim Yong Kim dari Bank Dunia, Presiden AS Donald Trump dikabarkan akan menggunakan pengaruhnya dalam mencari pengganti pria kelahiran Korea Selatan tersebut.