Gedung Kesenian di Jl Kenari, Kota Blitar

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Pemkot Blitar kembali menggelontorkan anggaran sebesar Rp 4,7 miliar untuk menambah fasilitas di Gedung Kesenian pada tahun 2019.

Anggaran itu salah satunya digunakan untuk membangun amphitheater di bagian belakang Gedung Kesenian.

Kali ini, pembangunan sejumlah fasilitas di Gedung Kesenian dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar. Sebelumnya, pembangunan Gedung Kesenian dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

"Pembangunan sejumlah fasilitas di Gedung Kesenian tahun ini diserahkan ke kami. Kami mendapat alokasi anggaran sekitar Rp 4,7 miliar untuk penambahan sejumlah fasilitas di Gedung Kesenian," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Triman Prasetyono, Jumat (11/1/2019).

Anggaran itu untuk membangunan sejumlah fasilitas di Gedung Kesenian. Di antaranya, foodcourt, musala, amphitheater dan pagar depan. Selain itu, anggaran itu juga untuk melengkapi fasilitas di dalam gedung. Misalnya, soundsystem, peredam, dan pembenahan jaringan listrik.

"Kami juga akan membuat jalan menuju ke amphitheater di bagian belakang gedung," ujar Triman.

Triman menjelaskan, proses pembangunan sejumlah fasilitas di Gedung Kesenian diperkirakan dimulai April 2019. Saat ini, dinas sedang mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk melelang pekerjaan proyek itu.

Selain itu, kata Triman, dinas juga akan mengosongkan halaman depan Gedung Kesenian dari parkir kendaraan. Saat ini, halaman depan Gedung Kesenian dimanfaatkan untuk parkir sepeda motor siswa SMKN 1 Kota Blitar.

"Paling lambat sampai 19 Januari 2019, halaman depan gedung harus steril dari parkir kendaraan siswa sekolah. Sebelumnya, halaman depan memang kami sewakan untuk parkir kendaraan siswa. Mereka membayar pajak ke Pemkot Blitar," katanya.

Seperti diketahui, pembangunan Gedung Kesenian di Jl Kenari, Kota Blitar, itu dimulai sejak 2015. Pembangunan dikerjakan secara bertahap. Pada pembangunan tahap pertama Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,6 miliar dari APBD 2015.

Lalu, pada pembangunan tahap kedua, Pemkot Blitar menggelontorkan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar dari APBD 2016. Sedangkan pembangunan tahap ketiga, Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran Rp 4 miliar dari APBD 2017.

Pada 2018, Pemkot Blitar hanya mengalokasikan anggaran sekitar Rp 700 juta untuk paving halaman depan gedung. Pada 2019 ini, Pemkot Blitar kembali mengalokasikan anggaran sekitar Rp 4,7 miliar untuk penambahan sejumlah fasilitas di Gedung Kesenian.

Jika ditotal semua, Pemkot Blitar menghabiskan anggaran mencapai Rp 18,5 miliar untuk pembangunan Gedung Kesenian.