Pangdam V Brawijaya bersama Bupati Fadeli, Dandim Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Kapolres menombol sirine menandai peresmian Masjid Al - Arif Kodim 0812 Lamongan. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN.

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Pangdam V Brawijaya MayorJenderal TNI Arif Rahman meresmikan masjid Al - Arif di Kodim 0812 Lamongan Jum’at sore (11/1/2019).

Masjid yang sebelumnya namanya Musolah Sudirman ini diresmikan setelah pemugaran dan renovasi yang dimulai 13 Februari, dan selesai pada awal November 2018 itu selesai.

Kini Masjid yang dibiayai secara gotong royong tersebut, selain bisa digunakan untuk sholat wajib dan sunah setiap hari, Masjid ini juga bisa digunakan untuk ibadah Sholat Jum’at.

"Masjid Al - Arif ini selain bisa untuk ibadah sholat wajib dan sunah, Masjid dengan luas 100 M2 ini juga bisa digunakan untuk sholat Jum’at," kata Dandim 0812 Letnan Arh Sukma Yudha Wibawa.

Sebelumnya lanjut Dandim, para prajurit kalau ingin melaksanakan ibadah sholat Jum’at harus keluar dari Kesatrian. Karena tempat ibadah sebelumnya hanya berupa Musolah.

"Alhamdulillah sekarang sholat Jum’at tidak harus keluar, dan bahkan Masjid ini pernah dipakai oleh prajurit menikahkan anaknya, "terang Dandim dalam sambutanya.

Dandim dalam kesempatan itu mengaturkan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut mensukseskan bangunan Masjid, mulai dari Bupati H Fadeli, anggota Forkopimda, para prajurit dan donatur.

"Tanpa bantuan dari pihak-pihak yang saya sebutkan tadi tentunya Masjid ini tidak bisa terealisasi, dan Alhamdulillah dalam waktu 9 bulan bisa selesai," ungkapnya.

Pangdam V Brawijaya MayorJenderal TNI Arif Rahman dalam sambutanya mengapresiasi kepada Dandim, yang bisa membangun Masjid yang sebelumnya berdiri Musolah, semoga dibangunnya Masjid ini bisa meningkatkan nilai ibadah para prajurit.

Selanjutnya pihaknya juga mengajak kepada semua stakholder untuk terus menjaga kondusifitas wilayah, lebih-lebih dalam menyongsong pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan calon legislatif.

"Kita sebentar lagi ada pemilu, tentu kami berharap semua bisa berjalan dengan tenang dan damai," harapnya.

Ketua MUI KH Aziz Khoiri saat memberikan tausiyahnya menyampaikan, bangunan Masjid yang megah ini adalah bagian dari mempertahankan benteng umat islam."Dari tiga benteng umat islam salah satunya adalah Masjid,"kata Kiai.

Semoga dengan dibangunkan Masjid semoga bisa lebih mempersatukan ummat Islam, dalam ikut mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin."Semoga Masjid ini manfaat dunia dan akherat,"kata Kiai Aziz singkatnya.jir