Abdul Chakim. Foto: SP/ALQOMAR

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Untuk menumbuhkan dan peningkatan ekonomi masyarakat Surabaya, Caleg Hanura Dapil 4 Kota Surabaya Abdul Chakim akan melakukan upaya mendorong pemerintah daerah untuk memaksimalkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya.

Menurut Abdul Chakim, UMKM sangat berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, namun saat ini masih belum optimal. “Selama ini pemerintah kota hanya melakukan pemberdayaan saja, seharusnya pemkot harus melalukan pendampingan secara kontinyu hingga UMKM ini bisa mandiri,” ungkap Abdul Chakim kepasa Surabaya Pagi, Jumat (1/2) kemarin.

Abdul Chakim menerangkan, problem utama dalam pengembangan UMKM ini terletak pada permodalan, maka dari itu harus ada yang bisa menjembatani antara pelaku UMKM dengan pihak pemodal yakni perbangkan khususnya Bank-Bank Negara. “Selain penyedian lahan, pemerintah ini harus bisa menyedian pinjaman modal kepada pelaku UMKM,” kata Abdul Chakim.

Selaian itu, UMKM juga harus bisa mengikuti market modern, karena jika masih menggunakan cara konvensional pasti akan tertinggal. “Sekarang ini sudah era-nya market digital yang berbasis teknologi, maka dari itu selain market konvensional pelaku UMKM ini harus bisa mengikuti perkembangan pasar,” katanya.

Selain aspek permodalan, sisi perizinan UMKM di Surbaya pun masih terbilang belum sepenuhnya baik. Terkadang karena tidak ada tempat khusus bagi pelaku usaha kecil ini, izin itu sulit keluar. Alq