Ahmad Dhani menjalani proses administrasi di Rutan Medaeng.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Sunarta mengatakan, kondisi kesehatan musikus dan politikus Partai Gerindra, Ahmad Dhani Prasetyo di Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, stabil di hari kedua mendekam di sana, Jumat, 8 Februari 2019.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Surabaya menitipkan penahanan Ahmad Dhani di Rutan Medaeng usai sidang perdana perkara pencemaran nama baik dalam vlog berujar ’idiot’ di Pengadilan Negeri setempat pada Kamis kemarin, 7 Februari 2019. "Informasi dari rutan, dia sehat," kata Sunarta.

Menurut keterangan Kepala Rutan Medaeng, lanjut Sunarta, Dhani diperlakukan sama seperti tahanan lain. Apalagi, Rutan Medaeng

mengalami overkapasitas karenanya tidak ada sel khusus untuk mengistimewakan tahanan tertentu, termasuk Dhani. "Jadi, satu ruangan (isinya) bisa belasan orang," kata dia.

Mantan Kepala Kejati Nusa Tenggara Timur itu menegaskan, status tahanan Dhani masih di bawah kewenangan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Di Rutan Medaeng suami dari Mulan Jameela itu hanya dititipkan hingga sidang perkara pencemaran nama baik yang mendakwa Dhani selesai.

"Yang kami terima hanya satu penetapan (dari PT DKI Jakarta). Pada intinya bunyinya begini, memberikan izin kepada Kajari Surabaya untuk memindahkan tempat penahanannya dari Cipinang ke Medaeng, sampai dengan pemeriksaan perkara ini (pencemaran nama baik) selesai," kata Sunarta menjelaskan dasar pemindahan penahanan Dhani.