Pocari Sweat yang bekerja sama dengan RS Wiyung Sejahtera dalam membantu mengatasi dehidrasi pada pasien DBD.

SURABAYAPAGI, Surabaya- Angka DBD meningkat drastis di akhir Januari 2019 ini, menurut data kemenkes sudah tercatat 13.683 pasien di seluruh Indonesia dengan pasien meninggal mencapai 132 orang. Menyikapi kondisi tersebut, Pocari Sweat berinisiatif mensupport para pasien demam berdarah dengan membagikan pocari sweat secara cuma cuma di rumah sakit-rumah sakit yang sedang merawat pasien demam berdarah. Target pembagian tersebar pada 11 kota antara lain Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar dan Makassar.

Pocari Sweat bekerja sama dengan dinas kesehatan dan rumah sakit di kota-kota tersebut untuk membantu mengatasi dehidrasi dan memberikan penyuluhan kepada pasien dan keluarga tentang bahaya Dehidrasi pada pasien. kebocoran plasma dan demam yang tinggi bisa mengakibatkan pengentalan darah sehingga, pasien bisa mengalami syok dan berujung pada kematian. Menurut rekomendasi WHO, bahwa air putih saja tidak cukup untuk pasien demam berdarah. Mengutip Compreensive guidelines for prevention and control od dengue and dengue hemorrhagic fever (2011) yang dikeluarkan oleh WHO, bahwa pasien Demam berdarah dianjurkan mendapat “Asupan Cairan yang cukup (bukan air putih biasa) salah satunya, minuman elektrolit isotonik.”

Anjuran terkait hal ini juga menjadi salah satu pembahasan pada Seminar serentak di 17 kota bulan November-Desember 2018 lalu. Pocari Sweat bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia beberapa wilayah di Indonesia, untuk menyelenggarakan seminar tentang demam berdarah, di Januari sampai maret 2019 kedepan, Pocari Sweat secara konsisten akan membagikan Pocari Sweat kepada para pasien, sebagai bentuk kepedulian kepada penanganan masalah demam berdarah. Selain itu, bekerjasama dengan media massa di 11 kota yang menjadi fokus kegiatan kampanye anti demam berdarah untuk menekan angka kematian akibat demam berdarah.

Di Surabaya, kegiatan sampling ini dilakukan di beberapa Rumah Sakit, salah satunya di RS Wiyung Sejahtera Surabaya. Ini merupakan bentuk kepedulian Pocari Sweat yang bekerja sama dengan RS Wiyung Sejahtera dalam membantu mengatasi dehidrasi pada pasien DBD. RS Wiyung Sejahtera sebagai mitra kerjasama dengan Pocari Sweat sangat menyambut kegiatan ini, karena hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pasiennya.

PT Amerta Indah Otsuka selaku produsen minuman isotonik Pocari Sweat senantiasa berusaha untuk memberikan kontribusi bagi kesehatan masyarakat indonesia menjadi lebih baik. Hal ini sesuai dengan filosofi perusahaan ‘Otsuka-people creating new products for better health worldwide.iker