Anggota Komisi X DPR RI H.M Suryo Alam. Foto: SP/Nurul Hidayat

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Sebanyak 357 siswa yang berada di lingkungan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Desa Gadingmangu, Kecamatan Perak - jombang, menerima bantuan berupa Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan tersebuy diserahkan langsung oleh Anggota Komisi X DPR RI H.M Suryo Alam.

"Bantuan ini merupakan program yang diusulkan oleh masyarakat melalui anggota dewan sebagai wujud tunjangan kepada siswa,"Ujar Surya Alam saat ditemui usai penyerahan bantuan. Rabu 27 Februari 2019.

Ia menjelaskan, Bahwa PIP berbeda dengan Kartu Indonesia pintar (KIP), perbedaan tersebut terletak pada proses bantuan itu sendiri. "KIP adalah program dari Pemerintah Pusat, kemudian turun ke Kementrian hingga Diknas kemudian ke sekolah, sedangkan PIP langsung berasal dari usulan masyarakat," Jelasnya.

Selain itu, mereka yang berhak menerima bantuan yakni, siswa yang belum mendapatkan bantuan sama sekali dari pemerintah. Dalam artian yang sudah pernah dapat KIP, dan orang tuanya yang mendapatkan PKH, itu tidak dapat PIP. Dan harus terdaftar sebagai siswa yang tidak mampu atas rekomendasi dari pihak sekolah.

"Sedangkan untuk besaran bantuan sendiri yakni untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) mendapatkan 450 ribu rupiah, tingkat SLTP sebesar 750 ribu rupiah, sedangkan tingkat SLTA sebesar 1 juta rupiah, dan setahun sekali,"paparnya.

Saat ini total PIP yang sudah disalurkan berjumlah 11.152 siswa. Dengan total dana sekitar 8,2 Milyar rupiah. nur