Penyerahan bantuan secara simbolis

Surabayapagi.com, Jombang - Anggota Komisi X DPR-RI, Surya alam menyerahkan bantuan yang bersumber dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kepada SMAN Bandar Kedungmulyo. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis di Aula SMAN setempat.

“Untuk di SMAN Bandar, bantuan dipergunakan untuk melakukan renovasi mushola yang ada didalam sekolah,” ujarnya saat ditemui usai penyerahan bantuan, Kamis 28 Februari 2019.

Ia menyebutkan di kabupaten jombang ada sembilan sekolah penerima bantuan melalui jalur aspirasi tersebut dan dengan berbagai macam keperluan, misalnya sarana dan prasarana komputer, pagar sekolah, lapangan olahraga tenis dan lain sebagainya.

“Permohonan bantuan cukup singkat, SMAN Bandar ini lima hari, setelah dilakukan verifikasi dan dinyatakan bisa, maka bantuan tersebut turun,” imbuhnya.

Bantuan jalur apresiasi ini, menurut surya alam tidak hanya diperuntukan kepada sekolah namun bisa juga kepada komunitas, pemuda dan ormas. Sehingga bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

Sedangkan terkait mekanisme permohonan bantuan, yakni untuk sekolah kebutuhan yang dinginkan harus masuk dalam dapodik, dan bisa juga disampaikan melalui esekutif mulai dari bupati gubernur.

“Sedangkan untuk jalur aspoirasi ini, permohonan langsung disampaikan kepada anggota dewan, sehingga menjadi bantuan aspirasi, dan tidak ada hubungan dengan DAK atau lainnya,” imbuhnya.

Terkait sumber dana, Surya Alam menyebutkan bantuan tersebt berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sembilan Sekolah penerima bantuan Aspirasi yakni, SDN Kademangan I, SDN Blimbing, SMAN Bandarkedungmulyo, SMP Plus Al Muslimun, SMK Al Muslimun, SMK PGRI Jombang, SMK Negeri Wonosalam, SDN Plosogeneng 1, SDN Sumberjo.