Suasana ngopi bareng bersama penumpang dan masyarakat di Stasiun Jember.

SURABAYAPAGI.com, Jember - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menggelar acara serupa dengan tagline Ngopi Bareng KAI #3 - Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee. Hal tersebut sebagai apresiasi terhadap antusiasme masyarakat terhadap gelaran festival Ngopi Bareng KAI jilid 1 dan 2 di tahun 2018 lalu yang begitu tinggi.

Program ini diselenggarakan selama dua hari yaitu Senin-Selasa, 11-12 Maret 2019 dan dibuka oleh Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Joko Widagdo, di Stasiun Jember. Sebagai informasi, pada Ngopi Bareng KAI jilid 2 tahun lalu, KAI mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai "Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun”.

Kali ini, masyarakat dan penumpang kereta api dapat menikmati kopi gratis yang KAI siapkan sebanyak total 2.000 cup selama 2 hari pelaksanaan. Selain di Stasiun Jember, pembagian kopi gratis juga dibagikan kepada penumpang KA Ranggajati relasi Jember - Cirebon pada tanggal keberangkatan yang sama.

"Masyarakat dan penumpang KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstall dan terdaftar di ponselnya kepada petugas di area festival di stasiun dan di kereta api." Kata Joko Widagdo, Senin 11 Maret 2019.

Joko juga menjelaskan, untuk menyuguhkan kopi gratis di stasiun dan kereta api, KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara merangkul 200 barista lokal profesional yang akan meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan di kereta api jarak jauh dan menengah.

Selain di Stasiun Jember, masyarakat dan penumpang kereta api dapat menikmati kopi gratis yang KAI siapkan di 17 stasiun di 15 kota dan di 36 nama KA. "Ketujuh belas stasiun tersebut adalah Stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Palembang, Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Jember, Medan, Padang, dan Tanjung Karang." Ujarnya.

Ngopi Bareng KAI merupakan wujud dukungan KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia. “Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan edukasi serta wawasan seputar kopi di Nusantara sehingga mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas,” pungkasnya.