Alat peraga kampanye dengan berbagai ukuran mengganggu keindahan kota. (Foto: SP/HERMI)

SURABAYAPAGI.com - Menjelang pemilu serentak Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Calon Legislatif (Caleg) 2019 masih banyak alat peraga kampanye yang menempel maupun dipaku di pohon-pohon pinggir jalan agar dapat dilihat oleh khalayak ramai.

Berdasarkan pantauan Surabaya Pagi, beberapa pohon yang banyak dipasangi alat peraga kampanye dengan berbagai ukuran di antaranya di sepanjang jalan Pagesangan Jambangan mengarah ke Masjid Nasional Al-akbar Surabaya, Rabu (13/03/2019).

Pedagang bakso Wakid yang berjualan di daerah tersebut menyampaikan sudah lama alat peraga kampanye itu menempel di pohon. "Sudah lama pemasangannya satu bulan lebih, biasanya masang di malam hari saat sepi orang dan seharusnya tidak dipasang disitu tapi ditempat-tempat lain yang tidak merusak lingkungan," jelasnya

Hal senada juga dikatakan oleh Sariadi pedagang soto ditempat kawasan PKL Pagesangan, mengaku pemasangan alat peraga kampanye itu sudah lama berada ditempat tersebut.

Tidak hanya itu, di kawasan Jalan Sukomanunggal Surabaya juga banyak banner Caleg yang dipaku di beberapa pohon. "Sepanjang jalan Sukomanunggal banyak banner Caleg dipaku di pohon, setahu saya nggak boleh. Apa sudah berubah peraturannya ?," tandasnya.