•   Rabu, 17 Juli 2019
Kriminal

Hati-hati! Modus Kejahatan Ganjal Slot Kartu Mesin ATM Marak di Blitar

( words)
Salah satu mesin ATM BRI yang diamankan oleh Polres Blitar Kota.


SURABAYAPAGI.com, Blitar - Polres Blitar Kota mengimbau masyarakat hati-hati saat hendak bertransaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) karena tengah ramai modus mengganjal kartu ATM. Saat ini, muncul modus kejahatan dengan cara mengganjal slot kartu pada mesin ATM. Polisi mendapat laporan ada dua mesin ATM di wilayah Kota Blitar yang diganjal pada slot kartu ATM.
Mesin ATM itu milik BRI dan BNI keduanya berada di Jl Sudanco Supriyadi, Kota Blitar. Satu ATM berada di tepi jalan depan kantor Perhutani dan satu lagi di tepi jalan depan KFC. "Kami sudah mendatangi lokasi semalam untuk olah TKP. Belum sampai ada korban dalam kasus ini. Makanya kami minta masyarakat waspada," kata Kasat Reskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono, Rabu (10/4/2019).
Heri mengatakan saat melakukan olah TKP, polisi menemukan double tape pada slot kartu ATM. Lalu di slot kartu ATM terdapat nomor telepon call center bank. Nomor telepon call center itu diduga palsu bukan asli dari bank.
Kalau melihat modusnya, double tape pada slot kartu ATM itu untuk mengganggu nasabah saat memasukkan kartu ke mesin ATM. Ketika nasabah tidak bisa memasukkan kartu ke slot ATM, mereka akan menghubungi nomor telepon call center yang ditempel di bawahnya.
Lalu, pelaku akan mengarahkan nasabah untuk memencet nomor di mesin ATM yang berujung pada penipuan.
"Saat itu ada nasabah yang akan transaksi di mesin ATM BRI depan Perhutani. Tapi nasabah itu curiga melihat nomor telepon call center di mesin ATM yang tidak sesuai dengan bank-nya. Setelah dicek, ada sesuatu yang mengganjal di slot kartu ATM. Nasabah itu langsung lapor ke kami," katanya.
Dikatakannya, polisi masih mengembangkan kasus itu. Polisi masih memeriksa rekaman CCTV yang berada di ATM. "Kami masih menyelidikinya, kami sedang mempelajari rekaman kamera CCTV yang ada di ATM," ujarnya.

Berita Populer