Calon Presiden no urut 01, Joko Widodo dan Calon Presiden no urut 02, Prabowo Subianto. (Foto: SP/IST)

SURABAYAPAGI.com - Calon Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melaksanakan kampanye terakhir pada Sabtu 13 April 2019 di Gelora Bung Karno Jakarta sementara Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dijadwalkan akan menggelar kampanye terakhir pada Jumat (12/4) di Surabaya.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mengatakan, pihaknya akan menampilkan kampanye yang inklusif serta menjunjung tinggi keberagaman pada 13 April 2019. Selain itu massa yang hadir dipastikan jauh melebihi kampanye akbar Prabowo-Sandi.

"Pasti akan berbeda dengan Prabowo. Kita akan putihkan Jakarta dan bergembira ria. Bukan hanya di GBK saja, tapi semua Jakarta akan kita putihkan," kata Direktur Komunikasi dan Informasi TKN, Marsekal Pertama (Purn) TNI Dwi Badarmanto kepada wartawan, Rabu (10/4).

Menurut Ketua DPP Partai Perindo itu, Jokowi-Ma’ruf memiliki koalisi partai serta relawan yang besar. Karena itu dipastikan massa yang hadir akan besar pula. Selain itu, Dwi mengatakan tanggal 13 April merupakan hari yang baik lantaran hari terakhir masa kampanye terbuka bagi kedua pasangan capres-cawapres.

"Lihat saja nanti akan lebih banyak. Kalau dibilang kemarin (kampanye Prabowo) katanya satu juta orang, tetapi realitasnya hanya 300 ribuan, kita bisa hitung secara matematis," tandas Dwi.

Lebih lanjut, Dwi menilai kampanye Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) beberapa waktu lalu, sarat dengan politik identitas yang menampilkan eksklusivitas. Kondisi seperti ini dinilai akan menguntungkan kubu Jokowi karena segmentasi pemilih Prabowo terlihat semakin kecil. "(Kampanye Prabowo) di GBK kemarin identitas nampak sekali. Ini menguntungkan kita," ungkapnya.

Seperti diketahui, pada 13 April 2019, Jokowi-Maruf dijadwalkan menghadiri kampanye akbar terakhir di SUGBK dalam acara "Konser Putih Bersatu" yang diinisasi sejumlah seniman dan budayawan yang tergabung dalam gerakan BarengJokowi. Acara tersebut juga bakal menampilkan berbagai komunitas kreatif.

Sementara itu, Direktur Kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sugiono mengatakan Surabaya akan menjadi kota tujuan kampanye terakhir Prabowo. "Informasi (kampanye) terakhir itu di Surabaya," kata Sugiono di The Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (10/4).

Berdasarkan jadwal, massa kampanye terbuka berakhir pada Sabtu (13/4), bertepatan dengan debat terakhir capres-cawapres. Sugiono mengatakan, tanggal 13 Prabowo akan fokus pada persiapan debat terakhir.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dipilihnya Surabaya menjadi kota terakhir kampanye terbuka Prabowo karena melalui berbagai pertimbangan. Venue dan adanya pertandingan sepak bola yang bertepatan dengan jadwal kampanye jadi salah satu pertimbangannya.

"Karena kita nilai venue-nya lebih baik di Surabaya ya karena lebih representatif lah. Karena saya juga malam itu di Malang ada pertandingan sepak bola Arema vs Persebaya final," jelas wakil ketua umum Partai Gerindra itu. Sugiono menambahkan Prabowo akan menutup kampanyemya dengan pidato kebangsaan.