Foto: Pelaku pencurian di Griya Pesona Asri, Rungkut, ditangkap polisi.

Firman Rachman,

Wartawan Surabaya Pagi

Jangan sembarangan memarkir mobil, meski tinggal di kompleks perumahan. Seperti dialami Mike Cornelia Asmara yang tinggal di Perumahan Griya Pesona Asri, Rungkut, Surabaya. Mobil Honda Mobilio L 842 EX miliknya dibawa kabur komplotan maling, meski kendaraan itu diparkir depan rumah sendiri.

Beruntung polisi cepat bertindak. Usai pencurian terjadi Kamis (11/4) lalu, Tim Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya yang memback-up unit Reskrim Polsek Rungkut berhasil menangkap pelakunya pada Sabtu (13/4/2019) malam.

Pelaku yang diketahui bernama Reynaldo Shervas Joshep (25), warga Perumahan Siwalan Indah Gresik, ditangkap di tempat persembunyiannya di jalan Semengko Lor, Wringinanom, Gresik. Bahkan, tim yang dipimpin oleh Kasubnot Jatanras Ipda Toni itu terpaksa melubangi kaki pelaku saat berusaha kabur ketika ditangkap.

Hal tersebut dibenarkan, Kanit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya, Iptu Giadi Nugraha. "Ya benar kami sudah menangkap pelaku. Bahkan kami terpaksa melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kakinya lantaran berusaha kabur dan melawan saat ditangkap," beber Giadi, Minggu (14/4) malam.

Meski sudah ditangkap, asa korban melihat mobilnya kembali masih menemui jalan terjal. Sebab, mobil yang dicuri oleh pelaku itu telah dijual dengan harga sangat murah, yakni 4,5 juta rupiah.

Saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan intensif usai memberikan perawatan terhadap kaki pelaku di RS. Bhayangkara Surabaya. "Nanti kami berikan informasi tambahan terkait motifnya. Kami masih dalami dan periksa intensif," tandasnya.

Sebelumnya, Lia (36) melaporkan mobilnya yang hilang pada Kamis (13/4) pagi. Menurut informasi, mobil bernopol L 842 EX milik Lia itu diparkir depan rumah sendiri. Setelah terparkir, ia masuk kerumah dan tidur. Tak berselang lama, Lia kemudian keluar rumah dan hendak berpergian. Tapi nahas, ia dikagetkan ketika melihat mobil kesayangannya itu raib. Karena panik, Lia segera melapor ke sekuriti perumahan dan diteruskan ke Polsek Rungkut Surabaya.

Mendapat laporan tersebut, unit reskrim Polsek Rungkut diback up unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya tengah melakukan pengejaran. Hal tersebut dibenarkan Kaposek Rungkut, Kompol I Gede Suartika. "Ya benar, kami bersama tim Jatanras tengah lakukan pengejaran terduga pelaku hingga di luar kota," beber Gede saat dihubungi Surabaya Pagi.

Selain itu, Gede juga menyebut jika pihaknya sudah mendapat indetitas terduga pelaku. Informasinya, terduga pelaku masih mengenal korban dan masih ada hubungan keluarga. "Dari keterangan yang disampaikan korban, terduga pelaku masih ada hubungan keluarga. Namun kami pastika setelah ini terungkap," tandas Gede. n