•   Minggu, 21 Juli 2019
Kriminal

Motor Diparkir Dimbau Pakai Kunci Ganda

( words)
Kapolres AKBP Wahyu S Bintoro bersama Wabup Qosim dan Dandim Letkol Inf Budi Handoko menunjukkan beberapa barang bukti hasil kejahatan. FOTO: SP/M.AIDID


SURABAYAPAGI.com, Gresik - Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro mengimbau masyarakat untuk mengunci ganda kendaraan motor ketika parkir. Sebab, pelaku kejahatan hanya membutuhkan waktu satu menit untuk membobol motor.

Imbauan itu diungkapkan saat menggelar konferensi pers pengungkapan kasus-kasus kejahatan di Mapolres Gresik, Senin (15/4). Kegiatan ini juga dihadiri Wabup M Qosim dan Dandim 0817 Letkol Inf Budi Handoko.

Pelaku kejahatan bernama Sa’roni menceritakan jika ia hanya membutuhkan waktu 1 menit untuk bisa membawa motor curiannya.

Dengan memakai kunci letter T yang sudah dimodifikasi, pelaku bisa membobol tiga motor dalam satu hari.

Setelah berhasil membawa kabur motor curiannya, pelaku mengaku menjualnya di penadah yang berada di Kota Surabaya.

"Pelaku berhasil kita lumpuhkan. Dengan alat sederhana dan hanya membutuhkan waktu sebentar, pelaku sudah bisa membawa motor curiannya. Satu motor dijualnya seharga Rp 2 juta," ungkap AKBP Wahyu Sri Bintoro.

Kapolres mengimbau, masyarakat harus mengunci ganda kendaraan bermotor meski terparkir. Sebab, dikatakan dia, pelaku hanya mencuri motor yang tidak dikunci ganda.

"Jadi target pelaku ini mencari kendaraan bermotor yang tidak dikunci ganda. Jadi kami imbau masyarakat mengunci kendaraannya," ungkap Kapolres.

Kapolres mengungkapkan, selain mengamankan kasus pencurian sepeda motor, dalam rentang waktu Januari hingga Maret 2019, pihaknya mangamankan 36 tersangka di 18 kasus.

"Bahkan kasus menonjol seperti begal bersenpi rakitan dan bobol rumah di Ujungpangkah berhasil kita lumpuhkan," ucap Kapolres Gresik. did

Berita Populer