Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari Senin (15/4) meninjau secara langsung persiapan pelaksanaan Pemilu serentak hari Rabu mendatang. Foto : SMG/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari Senin (15/4) meninjau secara langsung persiapan pelaksanaan Pemilu serentak hari Rabu mendatang. Beberapa kelurahan yang ditinjau oleh Ning Ita Senin sore adalah Kelurahan Wates, TPS di lingkungan Sentanan,dan Kelurahan Kauman.
Ning Ita didampingi jajaran Forkopimda Mojokerto diantaranya Wawali Achmad Rizal Zakaria, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto, Ketua Pengadilan Negeri, Komandan Kodim, Sekdakot Mojokerto, Kepala Bakesbangpol, Camat serta Lurah.

Dari hasil peninjauan di masing-masing wilayah tersebut, sebagian besar undangan pemilihan (formulir C6) sudah terdistribusikan kepada masing-masing calon pemilih. Sebagaimana yang ditemukan di Kelurahan Wates dari empat belas ribu undangan telahtersebar sebanyak 85 %, sedangkan 15 % undangan akan diserahkan kepada calon pemilih pada selasa (16/4).

Pihak KPPS menjelaskan bahwa ada beberapa hambatan sehingga sampai pada sore ini masih ada surat undangan yang belum terdistribusi. Diantaranya adalah ketika petugas berkunjung tidak ada penerima/keluarga calon pemilih di rumah.Karena syarat penyerahan undangan adalah diberikan secara langsung kepada calon pemilih atau keluarganya.

Lebih lanjut Ning Ita memeriksa jumlah calon pemilih yang akan melakukan pemilihan di rumah masing-masing atau tidak dapat datang ke TPS. Terkait hal ini petugas KPPS menjelaskan bahwa pemilih akan dikunjungi oleh petugas ke rumah masing-masing mulai jam 12 siang. Tak luput dari perhatian Ning Ita, diantaranya adalah yang pindah memilih baik yang pindah ke Kota Mojokerto maupun yang keluar Kota Mojokerto.

Terkait persiapan Pemilu Serentak pada 17 April 2019 mendatang, Ning Ita juga menghimbau pada seluruh kelurahan untuk memasang banner atau sejenisnya yang berisi tentang himbuan untuk memilih. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah partisipan dalam Pemilu.

Ning Ita bersama Cak Rizal dan jajaran Forkopimda Kota Mojokerto akan melakukan peninjauan secara langsung ke semua kelurahan di Kota Mojokerto untuk mengecek kesiapan dan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Kota Mojokerto sampai pada hari H pemilihan umum pada Rabu mendatang. dw