SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Google telah resmi merilis sistem operasi Android Q versi beta terakhir. Sistem operasi tersebut sudah berlaku untuk semua ponsel dari Google yakni Google Pixel.

Android Q juga dapat dirasakan oleh merek ponsel Android lainnya. Sehigga ada kemungkinan bahwa Android Q akan tersebar meluas secara global sebelum akhir 2019.

Untuk ponsel Android yang akan kebagian ’jatah’ sistem operasi baru tersebut di antaranya, Asus Zenfone 5Z, Essential PH-1, Nokia 8.1, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinnQ, OnePlus 6T, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Techno Spark 3Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi Mix 3 5G dan Xiaomi Mi 9

Android Q juga tak luput dengan sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah ’dark theme’ atau tampilan gelap. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup klik ikon penghemat baterai. Fitur ini diklaim agar lebih menghemat pemakaian daya baterai dan menjaga kesehatan mata pengguna.

Kemudian ada fitur ’smart reply’, yaitu untuk memunculkan prediksi kata yang akan diketik sehingga memudahkan pengguna saat membalas pesan.

Lalu fitur ’live caption’ akan memanjakan para pengguna yang gemar menonton video di ponsel. Fitur ini mirip subtitle, karena mampu mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung.

Google juga mengklaim Android Q versi ketiga ini sudah lebih stabil dari versi sebelumnya.n jk/o2