•   Selasa, 17 September 2019
JawaTimur

Pemprov Tunggu Peresmian Tol Pandaan-Malang

( words)
Tol Pandaan-Malang tinggal menunggu peresmian. Foto: SP/IST


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berharap tol Pandaan-Malang bisa dioperasikan saat mudik dan balik Idul Fitri 1440 Hijriah. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (DPUBM) Jawa Timur Gatot Sulistyo Hadi mengatakan, tiga seksi tol Pandaan-Malang telah terselesaikan.
Seksi itu antara lain, seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 km, seksi II Purwosari-Lawang 8,05 km, dan seksi III Lawang-Karanglo 7,10 km.
Operasional tiga seksi itu pun, menurutnya tinggal menunggu peresmian saja.
"Kami usulkan supaya bisa diresmikan Pak Presiden yang exit tol di Karanglo, Singosari Kabupaten Malang. Namun demikian kalau Pak Presiden tidak bisa, Pak Menteri juga tidak bisa, kami berharap bisa diresmikan oleh Bu Gubernur. Tapi itu hanya usul," ujar Gatot, Kamis (9/5).
Kini, tol Pandaan-Malang menyisakan seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km, dan seksi V Pakis-Malang 3,11 km.
Dengan menyisakan dua seksi itu, perkembangan pengerjaan tol Pandaan-Malang telah mencapai 80 persen.
Gatot berharap, tiga seksi tol Pandaan-Malang yang sudah selesai pengerjaannya bisa dioperasionalkan mengingat peranannya yang sangat krusial.
Pasalnya, setap tahun sudah tidak terhindarkan lagi kemacetan parah di pintu masuk Kabupaten Malang.
Kalaupun menjelang lebaran tidak bisa segera diresmikan, Gatot mengusulkan, setidaknya fungsional.
"Sebenarnya kan sudah segera diresmikan, tetapi batal karena Arema main (Final Piala Presiden Arema FC vs Persebaya, Jumat 12 April 2019)," katanya.
Sebelumnya, PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) masih menunggu hasil kajian kelaikan jalan Tol Pandaan-Malang dari Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk pemberlakuan tol yang terdiri dari lima seksi tersebut.n sb

Berita Populer