Ramp Check Bus Angkutan Umum di Terminal Purabaya.

SURABAYA PAGI, Surabaya – Jelang mudik, anggota Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim beri himbauan kepada para pengemudi bus di Terminal Purabaya.

"Ya kita berikan himbauan agar para pengemudi bus tersebut sopan dalam berlalu lintas. Juga jaga kecepatan ketika mengendarai bus," ujar anggota Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim, AKP. Ketut Toniati.

Ia mengatakan himbauan tersebut merupakan salah satu cara kepolisan dalam meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, ia juga meminta para pengemudi bus tersebut agar selalu bersabar. Dan jangan mudah terbawa emosi ketika di jalan.

Sebelumnya, kegiatan ramp check yang dilakukan bersama Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim menyasar 27 bus dari berbagai jurusan yang berada di jalur keberangkatan.

"Kita lakukan ramp check terhadap kondisi bus. Kita lihat kelengkapan nya seperti kotak P3K, sabuk pengaman, dan juga pemukul kaca," ujar Kepala Terminal Purabaya, Imam Hidayat kepada TribunJatim.com.

Ia mengatakan pihaknya juga memberikan perhatian khusus kepada kondisi ban, speedometer, lampu, dan wiper.

Dalam operasi ramp check tersebut, pihaknya mendapatkan 5 bus tidak layak jalan.

"Dari 27 bus, 22 bus layak jalan sedangkan 5 bus kita temukan tidak layak jalan. Dan penyebab tidak layak jalan tersebut juga beragam mulai dari kaca depan retak hingga ban cadangan halus," tambahnya.

Imam pun juga menjelaskan kendaraan yang kondisinya jauh dari layak jalan akan dilakukan penilangan.

"Kita akan langsung melakukan penilangan di tempat. Selain sebagai efek jera, juga agar bus yang kondisi nya tak layak tersebut dapat segera diperbaiki," pungkasnya.n sb