SURABAYAPAGI.com – Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk membangunkan sahur saat bulan Ramadhan. Ada berbagai cara yang dilakukan mulai memukul kentongan, beduk, hingga memutar lagu bervolume keras.

Seolah tidak mau ketinggalan, personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) berniat ikut menyemarakkan Ramadan dengan membangunkan masyarakat saat sahur. Cara yang ditempuh cukup unik, yakni menggunakan pesawat tempur. Niat tersebut disampaikan lewat kicauan di akun Twitter TNI AU pada Selasa 7 Mei 2019.

"Jika tidak ada aral melintang di runway, insyaallah akan diadakan lagi tradisi membangunkan #sahur pakai pesawat tempur buat Airmen di Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Jogja, Papringa, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo, Kotagede, dan sekitarnya," tulis @_TNIAU, Kamis (9/5/2019).

Tradisi unik tersebut sebenarnya dilakukan dengan tujuan mendekatkan #TNIAU kepada rakyat. "Tagar #jauhdilangitdekatdihati akan kami buktikan dengan menyemarakkan #sahur di bulan penuh rahmat dan ampunan ini," sambung @_TNIAU.

Cara membangunkan sahur dengan menerbangkan jet tempur sudah pernah dilakukan oleh personel TNI AU sebelumnya. Sejumlah warganet mengaku sempat kaget mendengar deru mesin pesawat tempur TNI AU yang melintas di langit saat waktu sahur tiba di Ramadan sebelumnya.

Tapi, rupanya kegiatan tersebut bukan difokuskan untuk membangunkan sahur saja, melainkan untuk menyiasati waktu terbang bagi personel TNI AU. Kemampuan terbang mereka di malam hari diuji dengan cara menerbangkan pesawat tempur sekaligus membangunkan masyarakat.