Anggota Komisi V DPR RI berdialog dengan sejumlah pemangku kebijakan di ruang VIP Bandar Udara Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo, kemarin.

SURABAYA PAGI, Sidoarjo - Rombongan anggota Komisi V DPR melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara Juanda Surabaya, yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Kamis (23/5/2019).

Sidak itu untuk meninjau langsung kesiapan siagaan infrastruktur dan angkutan udara, mejelang arus mudik lebaran 2019.

Sebanyak 22 anggota Komisi V DPR RI yang ikut dalam rombongan di antaranya Sigit Sosiantomo, Fary Djemy Francis, Henky Kuniadi, Sadarestuwati, Daniel Mutaqien, Gatot Sudjito, Ridwan bae, Subarna, Bambang Haryo Soekartono, Bagus Putu Sukarta, dan lainnya.

Saat tiba di Bandara Juanda, Komisi V DPR RI langsung mendengarkan paparan dari Ditjen Hubud, Otoritas Bandara, PT Angkasa Pura I, Airnav, BMKG, Basarnas dan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono mengatakan, kunjungan kerja komisi V ke Bandara Juanda kali ini adalah untuk mengecek permasalahan yang berhubungan dengan transportasi lebaran, terutama udara dan pemangku kebijakannya.

"Kita menginginkan adanya suatu kesiapan dari perhubungan udara, supaya bisa mengakomodir kapasitas angkut untuk kepentingan transportasi angkutan lebaran tahun ini," katanya usai mendengarkan paparan di ruang VIP Bandara Juanda, Kamis (23/5/2019).

Peninjauan ini, juga untuk memastikan kesiapan infrastruktur maupun sumber daya manusianya bisa dipersiapkan dengan baik. Termasuk masalah yang berhubungan dengan slot, jatah parkir pesawat di Bandara Juanda tidak rancu sehingga keluar dari prediksi awal.

Menurutnya, setelah mendengar paparan dari sejumlah stakeholder, persiapan dari perhubungan udara sudah cukup. Kapasitas angkut, termasuk sumber daya masusia yang mengendalikan alat angkutnya juga sudah mencukupi.

"Karena memang terjadi penurunan semua transportasi udara. Rata-rata sekitar 20 persen penurunannya dibanding tahun lalu. Maka kapasitas angkut yang terpasang ini betul-betul cukup untuk kepentingan lebaran," tegas Bambang.n sd