•   Senin, 14 Oktober 2019
JawaTimur

Bocah 7 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Renang TSI Sumenep

( words)
Kolam renang TSI, lokasi kejadian perkara.


SURABAYAPAGI.com, Sumenep - Afdan Syakuron (7), wisatawan asal Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, tewas tenggelam di kolam renang Tirta Sumekar Indah (TSI) Desa Torbang, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin (10/6/2019).
Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu, korban bersama keluarga besarnya berkunjung ke TSI untuk liburan. “Iya benar, tadi korban datang ke TSI bersama keluarga besarnya,” kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.
Menurut perempuan yang akrab disapa Widi itu menjelaskan, berdasarkan keterangan pihaknya yang didapat di tempat kejadian perkara, sesaat setelah masuk lokasi, korban langsung lompat ke kolam untuk orang dewasa.
Korban pertama kali diketahui oleh pamannya, Amirso. Mengetahui keponakannya sudah berada di dasar kolam, ia langsung lompat menolong korban dan mengangkatnya ke atas. Keluarga korban langsung membawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapat pertolongan.
Namun, nyawa korban tidak tertolong. Korban diduga meninggal dunia di perjalanan saat dibawa ke Puskesmas. “Kalau informasi dari Kepala Puskesmas, korban sudah meninggal dunia saat perjalanan ke Puskesmas,” jelasnya.
Sementara itu, pemilik kolam renang TSI, Abdul Mu’is mengatakan, saat kejadian berlangsung, dia sedang berada di rumahnya. Sehingga tidak mengetahui secara persis peristiwa yang menewaskan Afdan Syakuron itu.
“Saya masih belum tahu secara detail peristiwa tenggelamnya korban, karena saya ada di rumah. Setelah saya dapat laporan dari petugas kolam, saya langsung ke lokasi,” katanya.
Namun, Mu’is mengatakan, untuk keamanan di lokasi kolam sudah dilakukan secara maksimal, dengan menempatkan dua petugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan arahan.
“Biasanya setiap kali pengunjung masuk ke kolam, petugas memberi arahan. Untuk anak-anak, diarahkan ke tempat mandi anak-anak, yang masih balita ada tempatnya juga untuk balita,” jelasnya.
Mu’is menuturkan, untuk kedalaman kolam sekitar 80-90 meter untuk yang orang dewasa. Sejak awal, kata dia pembuatan kolam memang didesain dengan mempertimbangkan keselamatan pengunjung. Sehingga jika ada kejadian yang tidak diinginkan, siapapun bisa melakukan pertolongan.
“Dari awal, kolam ini memang dibuat tidak terlalu dalam, siapapun bisa melakukan pertolongan,” ungkapnya. (haz)

Berita Populer