Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan saat mengecek harga ikan bandeng di Pasar Ikan Lamongan. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Beberapa hari jelang lebaran harga ikan bandeng di Lamongan sempat anjlok, kini mulai berangsur stabil. Harga ikan hasil budidaya petambak ini per kilonya sudah menembus Rp 7-8 ribu, harga ini naik 2-3 ribu dari harga sebelumnya yang hanya Rp 5000.

Meski harganya belum sampai kembali ke posisi semula Rp 10 ribu, namun kenaikan ini membuat lega para petani tambak, yang sebelumnya mengalami kerugian. Pasalnya harga jual ikan dengan hasil perawatan budidaya ikan tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh. "Jelas sangat merugikan petani tambak mas kalau harganya anjol seperti kemarin itu," kata Arif salah satu tengkulak yang biasa kirim ikan ke Jawa Tengah ini.

Arif mengaku, penurunan ikan di Lamongan tak hanya terjadi pada satu jenis ikan bandeng saja. Namun sejumlah ikan lainnya, seperti mujaer, nila dan ikan lainnya juga menurun.

Para petani tambak mengaku penurunan harga ikan di pasaran hal ini dipengaruhi karena jumlah ikan sangat banyak. "Harganya anjlok karena banyak ikan yang dipanen para petani tambak secara bersamaan, jadi harganya murah," aku Arif.

Alasan para petani tambak memanen ikan secara bersamaan, karena sekarang sudah memasuki musim tanam padi. Tambak-tambak yang semula dijadikan budidaya ikan. Harus di kuras air. Akibat anjlok harga ikan di Lamongan sejumlah petani mengaku mengalami kerugian yang tidak sedikit. Bahkan akibat turunnya harga ikan tersebut tak jarang petambak yang akan menjual ikannya untuk dijual dibawa kembali ke rumah karena murah harganya.

Kepala Disperindag Lamongan, Muhammad Zamroni, saat mengelar sidak di pasar ikan Lamongan, Rabu (12/6) menjelaskan naiknya harga ikan air tawar karena yang saat ini terjadi karena dipengaruhi semakin banyaknya pembeli dan tengkulak yang mulai melakukan transaksi.

Diperkirakan harga ikan akan terus mengalami kenaikan hal ini dikarenakan seiring datangnya musim kemarau. "Kalau kemarin turun mas, tapi Alhamdulillah sekarang setelah kita cek di pasar mulai naik harganya," katanya.

Saat ini, lanjut Zamroni, harga sudah mulai merangkak normal mulai harga Rp. 5 ribu perkilo untuk ukuran 15 ekor, harga Rp. 8 ribu untuk 7 ekor perkilo dan Rp 15 ribu yang berisi 5 sampai 6 ekor ikan bandeng.

Terkait hal ini Disperindag Kabupaten Lamongan akan memantau terus harga yang ada di Pasar Ikan terutama distribusi ke pabrik - pabrik di luar Lamongan. "Sebagai tindak lanjut kita akan terus memantau perkembangan harga ikan dan jangan sampai hal ini merugikan para petani tambak, kasihan mereka," pungkasnya. jir